SOLOPOS.COM - Suasana Lapangan Jegon di Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, yang akan menjadi lokasi pasar darurat selama Pasar Jongke direvitalisasi. Foto diambil Rabu (11/1/2023). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Warga sekitar Lapangan Jegon di Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, menyambut antusias rencana Pemkot Solo menggunakan lapangan tersebut untuk lokasi pasar darurat selama Pasar Jongke direvitalisasi.

Salah satu warga Pajang, Manisa, 58, mengatakan akan mengikuti keputusan dari pemerintah kota jika memang Lapangan Jegon akan dipakai untuk pasar darurat. Namun, ia berharap keberadaan pasar darurat itu membawa dampak ekonomi bagi warga sekitar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Harapannya ekonomi lebih bagus,” katanya saat ditemui Solopos.com, Rabu (11/1/2023). Hal senada dikatakan Tini, 46, yang juga ditemui Solopos.com, Rabu.

Tini mengatakan warga sudah sepakat dengan keputusan Pemkot Solo menggunakan Lapangan Jegon sebagai pasar darurat selama Pasar Jongke direvitalisasi. “Kemarin rapat, warga juga sudah setuju, jadi saya manut mawon,” katanya.

Sementara itu Ketua RT 005/RW 002 Pajang, Purnomo, mengakui sudah tahu kabar pedagang Pasar Jongke akan dipindah sementara ke Lapangan Jegon yang ada di kampungnya. “Infonya memang gitu, untuk pasar sementara di Lapangan Jegon,” katanya, Rabu.

Dia mengatakan warga sekitar juga sudah tahu dan setuju dengan rencana tersebut. “Pada setuju, karena mau ke mana lagi,” katanya.

Dari pengamatan Solopos.com, Lapangan Jegon dikelilingi pedagang kaki lima yang menempati salter Pajang di sisi timur. Beberapa warga yang tinggal di sekitar juga membuka warung dan toko kelontong.

Revitalisasi Pasar Jongke di Laweyan, Solo, masuk 16 program prioritas pembangunan Kota Solo dan akan dimulai Mei tahun ini. Pasar tersebut akan dibangun dengan desain klasik gaya kolonial. 

Nantinya Pasar Jongke juga akan menampung para pedagang Pasar Kabangan. Sementara lahan bekas Pasar Kebangan akan difungsikan menjadi pusat oleh-oleh dan tempat transit wisatawan Kawasan Kampung Batik Laweyan.

Selama proses pembangunan, Pemkot akan memindahkan para pedagang Pasar Jongke ke Lapangan Jegon, Pajang, yang saat ini masih dalam proses lelang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya