SOLOPOS.COM - Warga melintas di Kompleks Rusunawa Joho, Sukoharjo, Senin (6/10/2014). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Pemkab Sukoharjo menyediakan perumahan bagi warga untuk mendapatkan tempat tinggal berupa rumah layak huni. Jaminan itu diberikan karena secara fisik rumah susun sewa sederhana (rusunawa) di Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo siap dihuni.

“Sekarang ini tinggal nunggu rampungnya pembahasan peraturan bupati (perbup). Kalau pembahasan selesai, rusunawa itu sudah bisa ditempati,” ujar Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya saat memimpin kegiatan upacara peringatan Hari Perumahan Nasional (HPN) dan Hari Habitat Dunia (HHD) 2014 di Rusunawa Joho, Senin (6/10/2014).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Menurut dia rumah adalah hak dasar bagi setiap orang di wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Sukoharjo.

Dia menilai khusus untuk Sukoharjo setor perumahan berkembang pesat dan warga bisa mendapatkan dengan mudah rumah. Warga yang kurang mampu bisa tinggal di Rusunawa Joho.

Bupati menegaskan, penghuni Rusunawa Joho adalah harus penduduk asli Sukoharjo. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya keterangan dari lurah, kepala desa, camat, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Sistem tersebut diperketat sebagai jaminan untuk penyediaan rumah bagi penduduk asli Sukoharjo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo Achmad Hufroni mengatakan, dalam peringatan HPN dan HHD 2014 ini pihaknya juga sudah mempersiapkan penggunaan Rusunawa Joho. Perbaikan dilakukan khususnya pada instalasi listrik dan air.

“Untuk penggunaannya kami masih menunggu Perbup sebagai dasar penggunaan,” ujar dia.

Sementara itu pada peringatan HPN dan HHD 2014 DPU Sukoharjo juga menyelenggarakan lomba perumahan. Juara terbaik I diraih oleh Perumahan Bambu Kuning 002 RT 001 RW 014 Kelurahan/Kecamatan Sukoharjo.

Salah seorang warga setempat Wahyu mengatakan hasil tersebut dicapai tak lepas dari kerja keras dan kekompakan warga dalam memelihara lingkungan.

“Tempat kami ini memang termasuk perumahan baru dan penduduknya terdiri atas para pendatang dari berbagai tempat. Tetapi karena kami kompak juara bisa kami raih,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya