SOLOPOS.COM - Para pemenang lomba desain poster dan konten video kreatif Gempur Rokok Ilegal seusai menerima hadiah di Gedung Panti Marhaen Boyolali, Jumat (17/5/2024). (boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Warga Tangerang, Banten, Supritanto, dinobatkan menjadi juara I lomba desain poster bertema Gempur Rokok Ilegal yang digelar Pemkab Boyolali melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tahun 2024 ini.

Sementara Nadiah Ariqah dari Jakarta Barat meraih juara I pada lomba konten video kreatif. Lomba desain poster dan konten video kreatif itu sebagai bagian dari upaya Pemkab Boyolali dalam menekan dan memerangi peredaran rokok ilegal, khususnya di Boyolali.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Anggaran penyelenggaraan lomba itu bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2024. Total hadiah yang disediakan bagi para pemenang mencapai Rp62 juta.

Lomba desain poster dan konten video kreatif itu dibuka pada 19 Februari-28 April 2024. Setelah melewati penilaian dewan juri pada Jumat (17/5/2024), didapatkan nama-nama para pemenang. Penyerahan hadiah lomba dilakukan di Gedung Panti Marhein Kabupaten Boyolali pada hari yang sama.

Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, hadir dan memberikan hadiah secara langsung serta mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba. Dia berpesan agar para pemenang bisa menjadi role model dan menjadi penggerak bagi generasi ke depan.

“Salah satu upaya kita dalam mengembangkan serta meningkatkan kreativitas dalam memberikan informasi melalui media poster dan video untuk menghasilkan karya yang menarik dan unik, serta meningkatkan kesadaran literasi masyarakat agar selektif dalam menerima informasi,” ungkapnya seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi Pemkab Boyolali, boyolali.go.id, Selasa (21/5/2024).

Dewan Juri Independen

Kepala Diskominfo Boyolali, Bony Facio Bandung, mengatakan tujuan lomba desain poster dan konten video kreatif itu sebagai media informasi secara visual agar informasi dan materi yang disampaikan lebih menarik, informatif dan dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu juga sebagai upaya memberantas atau menggempur rokok ilegal di Boyolali.

“Jumlah karya yang masuk terkumpul 251 desain poster dari 193 peserta dan 32 konten video kreatif dari 31 peserta,” kata Bony.

Karya-karya itu kemudian dinilai oleh tim juri independen. Juri lomba desain poster ada Seniman Yusep Kustono, Praktisi Designer Grafis Ulil Albab Al Istihar. Kemudian Dosen Prodi D3 Desain Komunikasi Visual Sekolah Vokasi UNS Solo Hermansyah Muttaqien dan perwakilan Kantor Bea Cukai Surakarta Dion Candra Wardhana.

Sedangkan untuk juri lomba konten video kreatif yakni Videografer Profesional M Ali Luthfi, Wartawan TV One Agus Saptono, dan perwakilan Kantor Bea Cukai Surakarta, Ahmad Afdal. Berikut nama-nama pemenang lomba dari hasil penjurian tersebut:

Kategori Desain Poster

  • Juara I: Supritanto dari Tangerang Banten (mendapat hadiah Rp9 juta)
  • Juara II: Ragiel Mualif dari Kota Gorontalo (mendapat hadiah Rp6 juta
  • Juara III: Wildan Argabhakti dari Bendan, Banyudono, Boyolali (mendapat hadiah Rp4 juta)
  • Juara Favorit: Farid Adi Nugroho dari Muntilan, Magelang (mendapat hadiah Rp2 juta)

Kategori Konten Video Kreatif

  • Juara I: Nadiah Ariqah dari Jakarta Barat  (mendapat hadiah Rp15 juta
  • Juara II: Erinda Lamonti dari Selo, Boyolali (mendapat hadiah Rp12 juta)
  • Juara III: Kalista Dewi Hapsari dari Kelurahan Banaran, Boyolali (mendapat hadiah Rp10 juta)
  • Juara Favorit: Putri Puspa Wijaya dari Kelurahan Siswodipuran, Boyolali (mendapat hadiah Rp4 juta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya