SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TANAM POHON---Warga Desa Tlogolele, Selo bergotong-royong menanam bibit tanaman jenis keras di sepanjang aliran Kali Apu, Minggu (4/12/2011). (JIBI/SOLOPOS/Farida Trisnaningtyas)

Boyolali (Solopos.com)–Warga Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali bergotong-royong menghijaukan lereng Merapi.  Mereka bekerja bakti menanam pohon jenis keras seperti sengon, suren, akasia, gayam dan puspa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ribuan bibit tanaman ditanam di sepanjang aliran Kali Apu. Mereka menanam pohon yang punya daya serap air tinggi di tanah kas desa ataupun tanah milik warga.

“Kita utamakan di Dukuh Stabelan yang paling dekat dengan puncak Merapi. Beberapa jenis pohon berakar kuat dengan daya serap air tinggi seperti puspo dan gayam,” jelas Kepala Desa Tlogolele, Budi Harsono saat ditemui Espos, Minggu (4/12/2011)

Diharapkan, dengan adanya penanaman ribuan tanaman ini bisa bermanfaat bagi warga setempat. Terlebih untuk Dukuh Stabelan jika Merapi meletus, pohon tersebut bisa jadi penahan dan tidak langsung mengenai pemukiman warga.

“Selain untuk konservasi lahan, pohon tersebut juga bernilai ekonomis bagi warga. Pohon-pohon tersebut juga sangat cepat pertumbuhannya karena hanya beberapa tahun saja,” pungkasnya.

(rid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya