SOLOPOS.COM - Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto (berkacamata) saat menyerahkan paket bantuan secara simbolis kepada Simun, seorang penyandang disabilitas asal Jetis, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Senin (31/10/2022). (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Jajaran Polres Wonogiri memberikan bantuan kepada salah seorang penyandang disabilitas di Lingkungan Jetis, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Senin (31/10/2022). Di waktu sebelumnya, Polres Wonogiri juga memberikan bantuan kepada korban bencana tanah longsor.

Salah seorang penyandang disabilitas yang memperoleh bantuan dari Polres Wonogiri, yakni Simun, 40. Yang bersangkutan merupakan warga di Lingkungan Jetis, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Simun menjadi penyandang disabilitas sejak tahun 2011. Saat itu, dirinya terlibat kecelakaan kerja di Jakarta.

Akibatnya, kedua kaki Simun lumpuh. Saat ini, Simun lebih banyak menghabiskan waktu sehari-harinya dengan berbaring di kasur di rumahnya.

Bantuan Polres Wonogiri itu diserahkan kepada Parni selaku istri Simun. Parni mengaku senang setelah mendapat bantuan.

Baca Juga: Maung Pindad, Rantis Pengangkut Logistik Pemilu 2024 Diuji Coba di Wonogiri

Sejak Simun lumpuh, lanjut Parni, kondisi perekonomian keluarganya menurun drastis.

“Suami saya adalah tulang punggung keluarga sebelum lumpuh. Ceritanya dulu, suami saya jatuh dari gedung saat bekerja sebagai tukang bangunan di Jakarta. Tulang belakangnya patah. Akhirnya tidak bisa berjalan. Aktivitasnya sehari-hari di kasur. Dengan bantuan dari Polri, saya merasa senang. Semoga ini jadi berkah,” kata Parni di sela-sela menerima bantuan dari Polres Wonogiri, Senin.

Bantuan kepada penyandang disabilitas diserahkan langsung Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto. Saat menyerahkan bantuan, Kapolres didampingi Ketua Bhayangkari Wonogiri, Nadia Dydit DS dan jajaran di Polres Wonogiri.

Selain memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas, Polres Wonogiri juga membantu korban bencana longsor Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Jumat (28/10/2022). Bantuan berupa 20 sak semen diserahkan kepada Bibit, pemilik rumah di Girimulyo yang rusak akibat tanah longsor beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kronologi Ayah Kandung Tega Setubuhi Anak Sendiri di Hotel Wonogiri

“Serangkaian bakti sosial kepada masyarakat di sekitar lingkungan Polres Wonogiri ini dalam rangka memeringati HUT ke-71 Humas Polri [30 Oktober 2022]. Selain itu, untuk berempati ke masyarakat,” kata AKBP Dydit Dwi Susanto.

Di kesempatan tersebut, Kapolres Wonogiri juga mengimbau masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Jika terjadi bencana, ia meminta masyarakat segera melapor ke seluruh jajaran Polres Wonogiri yang tersebar di 25 kecamatan.

“Seluruh jajaran Polres Wonogiri sudah kami minta siap siaga membantu masyarakat. Semisal ada bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang, segera laporkan. Kami akan koordinasikan dengan pihak terkait,” ucapnya.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, mengatakan saat pemberian bantuan kepada korban bencana alam itu dihadiri Kabag SDM Polres Wonogiri, Kompol Prawito; Kasat Samapta Polres Wonogiri, AKP Supardi; Kapolsek Jatipurno, AKP Hartoyo.

Baca Juga: Cegah Pungli! Polres Wonogiri Tiadakan Tilang Manual

“Kegiatan itu dilanjutkan imbauan siaga bencana alam tanah longsor karena sudah memasuki musim penghujan di Kecamatan Jatipurno,” kata Aiptu Iwan, Senin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya