SOLOPOS.COM - Citra satelit wilayah Indonesia, Sabtu (22/1/2022). (bmkg.go.id)

Solopos.com, SOLO — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyampaikan peringatan dini terkait prakiraan kondisi cuaca di wilayah Soloraya pada Sabtu (22/1/2022). BMKG memperkirakan hujan masih akan mengguyur wilayah tersebut siang ini hingga malam.

“Berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, Soloraya, dan sekitarnya pada siang/sore hingga malam hari,” tulis BMKG di laman bmkg.go.id yang dikutip Solopos.com, Sabtu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Adapun prakiraan cuaca untuk wilayah Soloraya yakni Klaten hujan sedang pada siang, malam hari hujan ringan, dan dini hari berawan. Boyolali diprediksi hujan lebat pada siang, malam hujan ringan, dan dini hari berawan, Sedangkan Karanganyar hujan sedang pada siang, hujan ringan saat malam, dan dini hari berawan. Kemudian Sragen hujan sedang pada siang, hujan ringan saat malam, dan berawan pada dini hari.

Baca juga: Banjir Akibat Luapan Kali Jenes Solo Surut, Warga Balik ke Rumah

Sementara itu, Solo diprediksi hujan sedang pada siang nanti, hujan ringan saat malam, dan berawan pada dini hari. Sukoharjo siang hujan sedang, malam hujan ringan, dan dini hari berawan. Sedangkan Wonogiri diperkirakan hujan sedang saat siang, malam hujan ringan, dan dini hari berawan tebal.

BMKG juga menginformasikan prospek cuaca sepekan kedepan periode 21 – 27 Januari 2022 masih akan diwarnai hujan lebat. Menurut BMKG, gelombang atmosfer Equatorial Rossby diprediksi signifikan memengaruhi wilayah Jatim, Bali, NTB, NTT dan sekitarnya pada sepekan kedepan. Sedangkan gelombang Kelvin diprakirakan aktif di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku, Malut, dan Papua.

Hujan Berdurasi Panjang

Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Maluku, Papua
Barat, Papua.

Baca juga: Puluhan Rumah di Baron Solo Terendam Banjir, Belasan Orang Mengungsi

“Pada sepekan ke depan diprakirakan kondisi hujan lebat berdurasi panjang dapat terjadi di wilayah Sumbar, Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Jabar, Jateng, Bali, NTB, NTT, Kaltim, Kaltara, Sulsel, Sulteng, Sulut, Gorontalo, Malut, Maluku, Papua Barat, Papua,” tulis BMKG.

Lebih lanjut, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam satu pekan kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya