SOLOPOS.COM - Foto Wakil Ketua DPRD Karanganyar Darwanto digunakan untuk aksi penipuan. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR– Aksi penipuan mengatasnamakan pejabat daerah masih terjadi di Kabupaten Karanganyar. Kali ini foto dan nama Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Darwanto, yang disalahgunakan oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan aksi penipuan. Modus penipuan itu menawarkan pinjaman hingga meminta bantuan uang.

Darwanto mengatakan pelaku menggunakan nomor WhatsApp (wa) lengkap dengan fotonya dalam melancarkan aksi penipuan. “Jadi ada orang mengatasnamakan saya lewat nomor WA. Ada yang isi pesannya minta transfer, pinjam uang, dapat hadiah ini itu, minta dikirim pulsa sampai menawarkan kredit mobil,” kata Darwanto kepada Solopos.com, Jumat (26/1/2024) sore.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Darwanto meminta masyarakat tidak tertipu dengan orang yang mengatasnamakanya. Apalagi sampai meminta uang atau menawarkan barang elektronik dan mobil. Nomor yang tersebar dan menipu para korbannya bukanlah nomor WA miliknya. Saat ini dia telah menyebarkan informasi melalui media sosial dan grup-grup WA agar waspada penipuan yang mengatasnamakannya.

“Jadi tadi saya menerima laporan dari teman dan kerabat yang tiba-tiba menerima WA katanya dari saya. Dan alhamdulillah tidak ada yang percaya sehingga tidak ada yang jadi korban,” katanya.

Dia tak menyangka namanya dicatut untuk aksi penipuan. Bukan kali ini saja pejabat di Karanganyar dicatut nama dan fotonya untuk penipuan. Hal yang sama pernah menimpat Pj. Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, semasa masih menjadi Sekda.

Bentuk penipuan yang dilakukan pun sama yakni menggunakan nama dan foto Timotius Suryadi melalui pesan WA. Pelaku meminta uang untuk donasi pembangunan, bantuan sosial dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya