SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Klaten menyiapkan boks berisi masker yang akan dikirimkan ke Kecamatan Kemalang untuk antisipasi hujan abu akibat erupsi Merapi, Senin (13/3/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Klaten mengirimkan logistik berupa 120.000 lembar masker kesehatan untuk kewaspadaan hujan abu di lereng Gunung Merapi wilayah Kecamatan Kemalang.

Meski tidak ada laporan wilayah yang terkena hujan abu vulkanik di wilayah Klaten saat Merapi meluncurkan guguran awan panas pada Sabtu-Minggu (11-12/3/2023), pengiriman masker itu sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hujan abu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Apalagi aktivitas vulkanik Gunung Merapi disebut masih tinggi. Masker itu dikirimkan BPBD Klaten pada Senin (13/3/2023). Masker dikirim ke kecamatan itu selanjutnya didistribusikan ke seluruh desa di Kemalang yang berjumlah 13 desa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Rujedi Endro Suseno, mengatakan meski hingga kini tak ada dampak hujan abu akibat erupsi Merapi di wilayah Klaten, kesiapsiagaan tetap dilakukan. Salah satunya menyiapkan masker guna antisipasi hujan abu.

Apalagi sejak Sabtu (11/3/2023), awan panas guguran terus meluncur dari puncak Gunung Merapi dengan arah luncuran ke sisi barat daya atau Magelang. “Ini untuk antisipasi. Kalau terjadi sesuatu terutama hujan abu, sudah siap masker,” kata Rujedi saat ditemui Solopos.com di gudang logistik BPBD Klaten di Gergunung, Klaten Utara, Senin.

Soal potensi terjadi hujan abu dampak dari erupsi, Rujedi menjelaskan hal itu tergantung arah angin. Guna antisipasi hujan abu yang juga bisa terjadi di wilayah selain Kemalang, Rujedi menjelaskan BPBD masih memiliki stok masker.

Saat ini di gudang BPBD Klaten masih ada stok 1.000 boks berisi masker. Stok masker bakal bertambah dengan adanya kiriman masker dari BPBD Provinsi Jawa Tengah. BPBD Klaten rencananya mengambil masker serta logistik untuk ronda di wilayah kawasan rawan bencana (KRB) wilayah Kemalang.

Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto, mengatakan pengiriman bantuan masker itu untuk stok di Kemalang serta upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hujan abu terutama di wilayah terdekat dengan Gunung Merapi yakni Kecamatan Kemalang.

“Setidaknya ada stok masker di Kecamatan Kemalang sehingga ketika sewaktu-waktu terjadi sesuatu bisa segera didistribusikan ke warga termasuk ke pengunjung tempat wisata,” jelas Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya