SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pencurian hewan ternak warga di Kabupaten Karanganyar terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Masyarakat diimbau waspada dan meningkatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Pencurian hewan tersebut terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Karanganyar, salah satunya di Kecamatan Jatipuro. Hal ini dibenarkan Kepala Desa Jatisobo, Kecamatan Jatipuro, Triyono. Ia mengungkapkan pada pertengahan Desember 2022 lalu salah satu warganya kecurian. Maling mencuri tujuh ekor kambing warga tersebut sekaligus dalam satu kandang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Iya. Belum lama ini salah satu warga ada yang kehilangan kambing. Tujuh ekor sekaligus malahan. Pemiliknya sudah saya minta membuat laporan,” ujarnya baru-baru ini.

Selain di Jatisobo, ia juga mendengar kabar bahwa salah satu warga di Desa Jatipuro, Kecamatan Jatipuro juga kecurian kambing. “Di Jatipuro juga ada yang kehilangan kambing, di Desa Jatiroyo kehilangan sepeda motor,” imbuhnya.

Dengan rentetan peristiwa yang terjadi pada waktu dan tempat yang berdekatan itu, pihaknya meminta kepada petugas Linmas untuk meningkatkan pengawasan keamanan lingkungan. Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian.

Baca Juga: Ini Dia Maling Spesialis Pembobol Kotak Infak Sejumlah Masjid di Karanganyar

Hal sama disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, yang meminta masyarakat agar lebih waspada, peduli sekitar, dan meningkatkan siskamling.

Ia menyadari dengan keterbatasan jumlah aparat tidak akan mampu menjaga semua wilayah Karanganyar. Dibutuhkan kerja sama dengan masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing.

“Personel Polri kan terbatas. Sesekali petugas melakukan patroli, tapi tidak mungkin setiap hari berjaga-jaga di desa-desa. Oleh sebab itu, peran masyarakat untuk menjaga keamanan daerahnya masing-masing harus ditingkatkan. Yakni dengan meningkatkan siskamling, meningkatkan kepedulian tetangga kanan-kiri terhadap hal-hal yang mencurigakan atau adanya peluang kejahatan, serta meningkatkan kewaspadaaan,” ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Apes, Ketua RT di Lalung Karanganyar Kecurian 2 Sepeda Motor Sekaligus

Selain itu, masyarakat diimbau agar menghapus atau memperkecil peluang pencuri dengan cara mempersempit kesempatan mereka. “Kejahatan timbul karena ada niat dan kesempatan. Nah, persempit kesempatan mereka yang akan melakukan kejahatan dengan menjaga harta dan barang-barang kita dengan baik dan meningkatkan pengawasan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya