SOLOPOS.COM - Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin di Malpolres, Selasa (20/12/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI — Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin menyampaikan antisipasi rawan laka dan pengamanan jelang Nataru di jalur tol wilayah Boyolali dilakukan dengan mendirikan pos pelayanan (posyan) di dua rest area.

Pertama yakni di rest area A dan B KM487 Jalur Tol Solo-Semarang dan Jalur Tol Semarang-Solo. Sesuai rencana, posyan akan aktif selama 11 hari, mulai (23/12/2022) sampai (2/1/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Beberapa titik cukup rawan terjadinya laka lantas, upaya kami untuk antisipasi dengan meningkatkan himbauan-himbauan, yang pertama kepada masyarakat, khususnya pengemudi. Pada kesempatan mereka beristirahat di rest area, nanti kami akan sampaikan himbauan tersebut secara langsung maupun menggunakan sarana prasarana audio,” jelasnya di Mapolres Boyolali, Selasa (20/12/2022).

Persiapan itu mengingat jalur tol di Kabupaten Boyolali akan menjadi salah satu jalur transportasi darat yang dimanfaatkan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Panjang lintasan tol tersebut sekitar 35 kilo meter di Jalur Tol Solo-Semarang atau Semarang-Solo, A dan B, KM471 – KM 505.

Baca juga: Jasa Marga: Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol dan Pembatasan Rest Area saat Nataru

Asep menjelaskan, himbauan-himbauan tersebut dilakukan untuk meningatkan para pengemudi agar selalu menjaga kondisi, baik kesehatan pengemudi mau pun kelayakan dari kendaraan yang digunakan.

Termasuk juga mengingatkan kembali para pengemudi untuk mengisi kembali BBM agar tidak kehabisan saat diperjalanan. Selain posyan, Polres juga akan mendirikan pos pengamanan (pospam) dan pos terpadu.

“Polres Boyolali sudah menyiapkan personel sebanyak 311 orang personel untuk melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 [Nataru]. Kemudian, untuk personel-personel ini nanti kami tempatkan di beberapa pospam, posyan, dan pos terpadu,” terangnya.

Untuk pospam ada empat, yaitu di Ampel, Bangak, Exit Tol Banyudono, dan Exit Tol Bandara. Kemudian, untuk pos terpadu, kata Asep, disiapkan di depan gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali.

“Saat ini untuk sarana prasarana pospam, posyan, dan pos terpadu dalam tahap persiapan,” jelasnya.

Baca juga: Hampir Semua Rumah Satu RW di Joton Klaten akan Tergusur Proyek Tol Solo-Jogja

Kemudian, Asep menjelaskan apel kesiapan pengamanan Nataru 2023 akan dilakukan pada Kamis, (22/12/2022). Untuk lalu lintas di Boyolali, kata Asep, kamseltibcarnya sampai saat ini masih terkendali. Untuk mengantisipasi kerawanan macet di Boyolali, Polres membentuk timsus urai macet nantinya.

“Kami sampai saat ini masih mempersiapkan untuk tim khusus urai macet, tim urai yang siap bergerak manakala terjadi kemacetan lalu lintas di Boyolali,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya