Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Waspada Macet! Arus Lalu Lintas Boyolali Mulai Padat di Lokasi Ini

Waspada Macet! Arus Lalu Lintas Boyolali Mulai Padat di Lokasi Ini
author
Ika Yuniati Sabtu, 24 Desember 2022 - 16:51 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepadatan lalu lintas. (Freepik).

Solopos.com, BOYOLALI — Kasatlantas Boyolali, AKP M. Herdi Pratama menjelaskan arus lalu lintas di jalur tol, jalur arteri, dan jalur wisata mulai mengalami peningkatan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Salah satunya jalur wisata Cepogo Chesee Park, Selo, Boyolali. Demi mengatasi kemacetan di tempat wisata baru tersebut, Satlantas mendirikan dua pos pantau di sekitar objek wisata mulai Sabtu (24/12/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sementara untuk jalur tol, kata Herdi, mereka memantau dari gerbang tol telah terjadi peningkatan terhadap jumlah kendaraan yang ke luar dan memasuki jalan tol. Namun Herdi menyatakan peningkatan tersebut belum terlalu signifikan.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Polres membangun pos pantau di dua rest area 478 A dan B, untuk memantau arus di luar rest area. Para petugas berperan mengkondisikan rest area agar selalu dalam situasi kondusif.

“Petugas dapat melakukan penutupan dengan berkoneksi dengan petugas di luar rest area melakukan penutupan, memberikan informasi kepada pengemudi untuk melanjutkan perjalanan ke rest area berikutnya,” ucap dia.

Baca juga: Waduh! Jalan ke Kawasan Wisata Selo Boyolali & Cepogo Cheese Park Macet

Kemudian upaya lain, kata Herdi, kami melakukan rekayasa lalu lintas pada lajur gerbang tol ketika terjadi peningkatan arus.

“Ada dua gap [gerbang tol] masuk dan dua gap keluar, kami akhirnya membuat strategi tiga satu, tiga untuk keluar, satu untuk masuk sehingga sudah terselesaikan,” terangnya.

Sementara di jalan arteri, kata Herdi, apabila terjadi perlambatan arus, tim urai akan segera beraksi melancarkan perlambatannya. Untuk di jalur arteri, Herfi mengatakan telah terjadi peningkatan sekitar 25 persen.

Menurut Herdi, Boyolali adalah kota yang tanggung dalam perjalanan jalur tol, dari Jakarta ke timur misalnya ke Solo atau Surabaya, Kota Susu ini menjadi titik lelahnya.

“Bagi anda para pengemudi yang sedang lelah atau capai atau belum mampu untuk berkendara, silahkan [istirahat] jangan dipaksakan, istirahatlah,” kata Herdi.

Baca juga: Ada Apa Saja Sih di Cepogo Cheese Park Boyolali? Ini Dia Sederet Fasilitasnya

Ia juga menghimbau agar pengemudi yang masuk ke tol menyiapkan saldo E-Tol dan BBM yang cukup, serta menaati peraturan lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN