SOLOPOS.COM - Wawali Teguh Prakosa saat meninjau kebakaran gudang rongsok di Jl. Kyai Mojo Pasar Kliwon Solo, Selasa (3/10/2023) malam. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pemkot Solo fokus memadamkan api, mendata warga, serta operasional dapur umum di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Selasa (3/10/2023) malam. Kebijakan perbaikan rumah warga diputuskan Rabu (4/10/2023) pagi.

Hal itu disampaikan Wawali Teguh Prakosa ditemui wartawan seusai meninjau lokasi kebakaran Selasa (3/10/2023) malam. Teguh didampingi Camat Pasar Kliwon Ahmad Khoironi meninjau lokasi kebakaran dan tempat pengungsian di Pendapa Kelurahan Pasar Kliwon.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Pemadam menyiapkan pipa atau injek [ke barang yang terbakar], pipanya ditanamkan lalu diisi air supaya airnya ke bawah. Tugas pemerintah menghitung berapa keluarga yang terdampak,” ujar dia.

Menurut dia, Dinas Sosial Kota Solo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo telah mencarikan tempat untuk pengungsian. Tempat yang disediakan adalah Pendapa Kelurahan Pasar Kliwon dan Taman Cerdas Mojo.

“Besok pagi kami cek betul rumah-rumah yang terdampak berapa jiwa apakah bisa kami tindak lanjuti. Ada perbaikan, perbaikan bisa dengan skema RTLH [rumah tidak layak huni]” jelas dia.

Menurut dia, nilai bantuan program RTLH sekitar Rp20 juta atau bisa lebih karena terdampak kebakaran. Teguh akan melihat kemampuan pemerintah serta mengecek kondisi rumah warga yang terbakar.

“Kami tugaskan Damkar untuk standby sampai benar-benar api padam. Fokus pemadaman, pendataan, siapkan dapur umum. Kami akan bertemu besok pagi di kantor sekalian menghitung dampak kerugiannya apakah ini bisa diselesaikan dalam waktu singkat,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya