SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Solopos.com)--Hama wereng masih menyerang 17 desa di tiga kecamatan yaitu Ngemplak, Sambi dan Nogosari. Akibat gagal panen, banyak petani tidak mau menanam padi.

Di Kecamatan Ngemplak, wereng menyerang Desa Ngesrep, Dibal, Sindon, Gagaksipat, Ngargorejo, Sobokerto dan Sawahan. Di Kecamatan Sambi, wereng menyerang Canden dan Senting. Sementara di Kecamatan Nogosari, hama itu menyerang Kenteng, Potronayan, Sembungan dan Jeron.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Dua kali masa tanam, petani selalu gagal panen. Banyak petani yang tidak mau tanam karena wereng masih mengganas,” ujar Ketua Gabungan Persatuan Petani Pengguna Air (GP3A) Waduk Cengklik, Samidi, Senin (18/4/2011). Meskipun demikian, ada beberapa petani yang nekat menanam di bawah ancaman wereng.

Terpisah, Kepala Desa Dibal, Wahyono Muslih, mengatakan petani di daerahnya sudah sangat kewalahan menghadapi serangan wereng. “Ibaratnya itu wis karepe wereng mau apa. Petani sudah mengupayakan berbagai hal,” tuturnya.

m90

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya