SOLOPOS.COM - Pengunjung berjalan-jalan menikmati suasana objek wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri, Senin (1/5/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Objek wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri masih menjadi yang terfavorit di antara lima lokasi wisata yang dikelola Pemkab Wonogiri. WGM menyumbang pendapatan hingga 91,94% dari total pendapatan sektor wisata selama libur Lebaran 2023.

Total pendapatan yang diperoleh dari lima destinasi wisata Wonogiri selama libur Lebaran 2023 lalu mencapai Rp559,8 juta. Dari jumlah itu, wisata WGM menyumbang Rp514,7 juta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala UPTD Pengelolaan Objek Wisata Wonogiri Pardiyanto mengatakan ada lima objek wisata yang dikelola Pemkab. Kelimanya meliputi objek wisata WGM di Wonogiri, Pantai Sembukan di Paranggupito, Kawasan Museum Karst di Pracimantoro, Goa Putri Kencana di Pracimantoro, dan Kahyangan di Tirtomoyo.

Selama libur Lebaran 2023, mulai 22 April 2023-30 April 2023 lima objek wisata itu dibuka dan mencatatkan kenaikan jumlah pengunjung. Jumlah pengunjung naik paling signifikan di objek wisata WGM.

Rerata pengunjung menyentuh sekitar 4.000 orang per hari. Jumlah itu naik dua hingga tiga kali lipat dibandingkan jumlah pengunjung setiap Sabtu atau Minggu pada hari biasa.

Total jumlah pengunjung pada periode libur Lebaran itu sebanyak 35.700 orang. Ini menempatkan objek wisata WGM menjadi objek wisata nomor wahid yang paling banyak dikunjungi selama Lebaran 2023 dengan total pendapatan senilai Rp514,7 juta.

“Objek wisata WGM masih menjadi favorit warga sebagai destinasi wisata dibandingkan objek wisata lain yang dikelola Pemkab Wonogiri,” kata Pardiyanto kepada Solopos.com, Selasa (2/5/2023),

Pantai Sembukan, lanjut dia, menduduki peringkat kedua jumlah pengunjung terbanyak, yaitu sebanyak 3.610 orang dengan rerata jumlah pengunjung sekitar 400 orang/hari. Angka itu naik tiga kali lipat dibandingkan jumlah pengunjung per hari pada hari biasa.

Objek wisata yang terletak di Wonogiri selatan ini mencatatkan pendapatan senilai Rp18 juta selama momen Lebaran. Selanjutnya disusul objek wisata Kawasan Museum Karst yang mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 2.354 orang dengan total pendapatan Rp23,7 juta.

Penurunan Jumlah Pengunjung

Ada pun jumlah pengunjung di objek wisata Kahyangan dan Goa Putri Kencana masing-masing sebanyak 570 orang dan 99 orang. Total pendapatan dua objek wisata itu senilai Rp2,7 juta dan Rp546.000.

“Total pendapatan dari lima objek wisata itu selama libur Lebaran 2023 senilai Rp559 juta,” ujar dia. Dibandingkan dengan pendapatan pada 2022 pada periode yang sama, pendapatan objek wisata yang dikelola Pemkab Wonogiri itu turun sebanyak 15,98%.

Pada Lebaran 2022, lima objek wisata itu mencatatkan pendapatan total Rp666 juta. Penurunan jumlah pengunjung pada periode yang sama itu terjadi di objek wisata WGM, Pantai Sembukan, dan Kahyangan.

Penurunan terbanyak terjadi di objek wisata WGM dari 43.426 pengunjung pada Lebaran 2022 menjadi 35.700 pengunjung pada Lebaran 2023.

“Wajar saja, soalnya ini [objek wisata WGM] kan masih dalam proses revitalisasi. Masih dikunjungi orang sebanyak ini saja sudah bersyukur,” kata Pardiyanto.

Sebagai informasi, dari sembilan hektare (ha) luas kawasan objek wisata WGM, dua ha terdampak proses revitalisasi. Sedangkan objek wisata lain, penurunan jumlah pengunjung disebabkan beberapa hal seperti keterbatasan akses dan kurangnya daya tarik empat wisata tersebut.

“Misalnya di Goa Putri Kencana, ya itu hanya goa biasa. Jadi orang kurang tertarik ke sana. Kemudian Pantai Sembukan, walaupun pantainya bagus, tapi akses ke sananya kan jauh, jalannya juga kecil,” jelas Pardiyanto.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan hal serupa. Penurunan pendapatan objek wisata dibandingkan periode yang sama 2022 lalu karena objek wisata WGM masih dalam proses revitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya