SOLOPOS.COM - Anak-anak bermain perahu di wahana baru di Umbul Pelem, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, belum lama ini. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Objek wisata air di wilayah Klaten masih menjadi primadona untuk dikunjungi wisatawan pada masa libur Lebaran 2023 ini. Di antara puluhan objek wisata air tersebut, Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, menyedot paling banyak pengunjung.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, puncak kunjungan wisata selama libur Lebaran terjadi pada awal pekan ini. Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten mendata kunjungan wisatawan mulai meningkat sejak Sabtu (22/4/2023) dengan 18.697 pengunjung di 40-an objek wisata.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kemudian pada Minggu (22/4/2023), jumlah total pengunjung objek wisata di Klaten meningkat jadi 39.776 orang. Puncaknya terjadi pada Senin (24/3/2023) mencapai 59.694 orang.

Beberapa objek wisata yang kebanjiran pengunjung yakni objek wisata air terutama yang dikelola melalui Badan Usaha Milik (BUM) Desa. Umbul Pelem menjadi objek wisata air dengan jumlah pengunjung terbanyak pada Senin mencapai 6.850 orang.

Selain Umbul Pelem, objek wisata air lainnya di Klaten tak kalah dijejali pengunjung. Seperti Umbul Brondong (3.165 pengunjung), Umbul Brintik (2.560 pengunjung), Objek Mata Air Cokro (2.530 pengunjung), Janti Park (2.109 pengunjung).

Kemudian, Umbul Manten (1.890 pengunjung), Umbul Ponggok (1.760 pengunjung), Umbul Sigedang-Kapilaler (1.200 pengunjung). Selain wisata air, wisata alam di Klaten juga kebanjiran pengunjung seperti Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang (1.469 pengunjung) serta Bukit Sidoguro (1.136 pengunjung).

“Kalau dibandingkan dengan kunjungan pada Selasa [25/4/2023], puncaknya terjadi pada Senin [24/4/2023],” kata Nugroho, Rabu (26/4/2023). Nugroho membenarkan akses menuju ke sejumlah objek wisata air di Klaten juga dipadati kendaraan wisatawan.

Selain banyaknya pengunjung, kondisi itu terjadi lantaran ruas jalan sempit seperti akses menuju Umbul Pelem dan Umbul Manten. “Tetapi tidak sampai macet total. Arus lalu lintas padat merayap,” kata Nugroho.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan secara umum arus mudik dan balik Lebaran di Klaten relatif berjalan lancar. “Ada beberapa permasalahan biasa seperti kemacetan tetapi semua lancar terkendali. Tidak ada yang sampai terjadi kemacetan total,” kata Jajang.

Begitu pula dengan kunjungan ke objek wisata, Jajang mengatakan kegiatan pariwisata selama libur Lebaran aman dan terkendali. “Wisata tidak ada laporan yang merugikan atau penyimpangan. Dari awal memang sudah disiapkan. Ada lonjakan pengunjung cukup besar terutama dari wisata air,” kata Jajang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya