SOLOPOS.COM - Salah satu kelompok jatilan duduk di tepi Jl. Deles Indah, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (17/5/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Wisata Klaten, festival jatilan dilaksanakan di Kemalang hari ini.

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 32 kelompok mengikuti festival jatilan yang digelar di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu (17/5/2017). Para peserta berasal dari 25 kecamatan di Klaten.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan pantauan, puluhan peserta sudah berkumpul di sepanjang Jl. Deles Indah Kemalang. Namun hingga pukul 10.00 WIB, festival belum dimulai.

Plt. Camat Kemalang, Harjaka, menuturkan jumlah peserta terbanyak berasal dari Kemalang. Sebanyak tujuh kelompok asal Kemalang tampil dalam festival tersebut.

“Kami batasi tujuh kelompok saja. Sebenarnya jumlah kelompok di Kemalang banyak,” kata dia saat ditemui  di sela kegiatan.

Dia menerangkan setiap kelompok minimal terdiri dari 10 orang. Para peserta melakukan parade sejauh 500 meter sebelum sampai lokasi atraksi yang berada di depan kantor kecamatan.

“Masing-masing kelompok diberi waktu 10 menit untuk menampilkan atraksi mereka. Namun, sebelum demo mereka parade terlebih dahulu,” tutur dia.

Harjaka menjelaskan juri pada festival itu berasal dari Dewan Kesenian Klaten. “Untuk penilaian kami serahkan ke dewan juri. Penilaian di antaranya pada kekompokan serta kesesuaian penampilan dengan narasinya,” kata dia.

Harjaka menuturkan selain melestarikan budaya, festival digelar untuk memperingati boyongan kantor Kecamatan Kemalang yang dilakukan pada 1943.

Saat itu, boyongan kantor kecamatan dari Desa Kemalang menuju Desa Keputran dilakukan dengan atraksi jatilan.

“Untuk jatilan khususnya di Kemalang menurut saya masih eksis. Setiap desa bisa lebih dari dua kelompok jatilan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya