SOLOPOS.COM - Rumah makan Mina Tlatar Indah di kompleks wisata Umbul Tlatar Boyolali. (Instagram @infosolo.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Objek wisata umbul di Boyolali memang tak setenar umbul-umbul di Klaten, namun bagi yang suka wisata kuliner dikelilingi kolam ikan, Umbul Tlatar adalah pilihan yang tepat.

Umbul Tlatar berlokasi di Jl Pangeran Diponegoro No 2, Kebonbimo, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Objek wisata air ini sudah sejak lama dikenal sebagai jujugan wisata kuliner, khususnya menu-menu ikan air tawar dengan kolam yang mengelilinginya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Rumah makan di Umbul Tlatar yang menawarkan sensasi makan dikelilingi kolam ikan yakni Mina Tlatar Indah yang lokasinya tepat di dalam area Umbul Tlatar. Rumah makan ini buka dengan jam operasional mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Menariknya, selain menu kuliner yang nikmat, Mina Tlatar Indah, Boyolali, memiliki fasilitas kolam renang gratis. Dilansir akun Instagram @mina_tlatar_indah, rumah makan ini berbentuk gazebo-gazebo.

Ada gazebo memanjang untuk digunakan bersama-sama dengan pengunjung lain dan ada juga gazebo terpisah yang tidak digabung dengan pengunjung lain sehingga pengunjung memiliki privasi lebih.

Selain itu di bawah bangunan gazebo terdapat kolam ikan bawal raksasa dengan air kolam yang jernih sehingga para pengunjung dapat melihat gerombolan ikan bawal itu dengan jelas. Namun pengunjung perlu berhati-hati dan tidak ceroboh memasukkan tangan atau kaki ke dalam kolam.

Ikan bawal memiliki perilaku mirip ikan piranha yang pemakan segala termasuk daging dan punya gigi kuat yang tajam. Jika tidak hati-hati, tangan atau kaki yang masuk di air kolam bisa terluka akibat digigit ikan bawal.

Bagi pengunjung yang memilih duduk di gazebo dekat kolam renang juga perlu bersabar karena bisa terkena cipratan air kolam renang. Terkadang anak-anak terlalu asyik bermain air sehingga tidak sadar airnya mengenai pengunjung yang sedang menikmati kuliner di Mina Tlatar Indah, Boyolali.

Berjarak 4 Km dari Pusat Kota Boyolali

Selagi menunggu anak-anak berenang, para orang tua dapat mencicipi aneka menu yang disediakan di rumah makan ini. Di antaranya aneka makanan olahan ikan, olahan sayur, aneka minuman seperti es dan jus. Menu makanan dan minuman di rumah makan ini dibanderol mulai dari harga Rp1.000 hingga Rp106.000.

Di rumah makan ini selain menyediakan kolam renang untuk anak-anak juga menyediakan area kolam untuk bermain air atau keceh dan para pengunjung dapat menangkap ikan-ikan di kolam ini. Di luar rumah makan juga banyak warung yang menjual jaring untuk menangkap ikan.

Rumah makan dengan menu utama kuliner berbahan ikan di Umbul Tlatar, Boyolali, ini sangat cocok dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga atau menggelar berbagai acara seperti reuni, ulang tahun, arisan keluarga, dan berbagai acara lainnya.

Akses menuju lokasinya pun mudah. Hanya perlu menempuh jarak 4 km dari pusat kota Boyolali. Selain itu jalan menuju lokasi terbilang bagus, dapat dilalui sepeda motor, mobil, bahkan minibus.

Beberapa fasilitas di rumah makan ini antara lain area parkir, kamar mandi, dan musala. Mengutip visitjawatengah.jatengprov.go.id, wisata Umbul Tlatar yang dikelola Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali mengadopsi basis pendidikan, pelestarian alam, dan rekreasi pemanfaatan air alami.

Kompleks wisata ini dibangun pada 2002 silam di lahan seluas kurang lebih 5 hektare. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap.

Ada rumah makan lesehan, pemancingan, kios cinderamata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball, wahana outbound, ATV, sewa kuda, joglo untuk bersantai dan area parkir yang luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya