SOLOPOS.COM - Peziarah berdoa di makam mantan Presiden RI Soeharto di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar, Sabtu (17/11/2012). Pada liburan dan memasuki bulan Suro jumlah peziarah di Astana Giribangun meningkat. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Wisata Soloraya kali ini adalah Astana Giribangun di Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR – Waktu senggang atau liburan akan sangat menyenangkan apabila diisi dengan mendatangi tempat yang mengandung nilai sejarah. Tahukah Anda, di Soloraya, tepatnya di Karanganyar, ada objek wisata religi Astana Giribangun yang merupakan makam mantan Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto dan istrinya, Bu Tien.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Wisata Soloraya pemakaman Astana Giribangun terletak di lereng Gunung Lawu, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar. Astana Giribangun berada tepat di bawah Astana Mangadeg, kompleks pemakaman para penguasa Mangkunegaran.

Sejarah Astana Giribangun
Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari laman Karanganyarkab, Minggu (22/3/2015), Astana Giribangun didirikan pada 1974, di atas bukit Ngaglik, di area tanah seluas kurang lebih 4,3 hektare.

Bangunan kompleks makam keluarga Soeharto ini, diresmikan pada Jumat Wage, 23 Juli 1976, dengan tiga bagian cungkup, yaitu Argotuwuh, Argokembang, dan Argosari.

Rute ke Astana Giribangun
Jarak tempuh dari Kota Karanganyar menuju Astana Giribangun sekitar 45 menit. Anda harus melewati jalan Solo-Tawangmangu. Sampai di perempatan Kecamatan Karangpandan, Anda harus belok kanan menuju Matesih. Setelah pertigaan Kantor Pos Matesih, maka Anda harus belok kiri menuju lokasi Astana Giribangun.

Akses ke Astana Giribangun
Apabila Anda dari Terminal Tirtonadi, Anda dapat naik angkutan kota jurusan Solo-Karanganyar atau naik bus jurusan Solo-Tawangmangu. Sementara, apabila Anda mulai perjalanan dari Bandara Adisumarmo, Anda dapat naik taksi menuju Karanganyar.

Pemandangan di Astana Giribangun
Panorama alam di Astana Giribangun terbilang indah dengan udara sejuk khas pegunungan. Untuk menuju makam almarhum Soeharto dan istrinya, Sri Hartinah atau Bu Tien Soeharto, Anda harus melewati ratusan tangga.

Pada umumnya, masyarakat yang berziarah ke Astana Giribangun bertujuan mencari berkah sambil berekreasi. Namun begitu, Anda juga bisa datang ke tempat ini sekadar untuk bersantai, sambil menikmati pemandangan panorama alam.

Menarik bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya