SOLOPOS.COM - Bukit Sepikul tampak dari Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kec. Bulu, Sukoharjo, Jumat (3/6/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Wisata Sukoharjo menyimpan legenda yang mungkin banyak diketahui orang tentang asal usul Bukit Sepikul.

Solopos.com, SUKOHARJO – Mengulik legenda kisah para leluhur Pulau Jawa sepertinya tidak akan ada habisnya. Kali ini solopos.com mengupas tentang legenda di Sukoharjo yang menyimpan satu legenda terkait keberadaan Candi Prambanan. Bandung Bondowoso yang konon disebut sebagai sosok di balik pembuatan Candi Seribu itu ternyata meninggalkan jejak di Kota Makmur ini.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Dikisahkan ribuan tahun silam, Bandung Bondowoso, putra penguasa Kerajaan Pengging, berusaha menaklukkan hati Roro Jonggrang, putri Kerajaan Baka. Kerajaan Baka, yang dipimpin ayah Roro Jonggrang, Prabu Baka, berhasil dikalahkan oleh Kerajaan Pengging dalam suatu peperangan. Roro Jonggrang yang enggan menerima pinangan Bandung Bondowoso kemudian mengajukan beberapa syarat.

Syarat itu dibuat agar Bandung Bondowoso tak jadi mempersunting Roro Jonggrang. Alkisah, syarat pertama, putera mahkota Kerajaan Pengging itu diminta membuat Sumur Jalatunda. Sekejap mata, permintaan itu terkabul berkat kesaktiannya. Syarat kedua, Roro Jonggrang meminta dibuatkan seribu candi. Dengan bantuan makhluk dimensi lain, Bandung Bondowoso berhasil menyelesaikan 999 candi dalam waktu semalam.

Roro Jonggrang yang mendengar kabar pembangunan seribu candi hampir rampung, lantas membangunkan dayang istana dan perempuan desa untuk menumbuk padi. Ia juga memerintahkan agar gundukan jerami dibakar di sisi timur. Mengira bahwa pagi telah tiba dan sebentar lagi matahari terbit, para makhluk dimensi lain itu lari ketakutan bersembunyi masuk kembali ke perut Bumi.

Bandung Bondowoso yang sedang mengangkut bebatuan untuk membuat candi terakhir pun murka. Pikulan batu-batu kapur itu ditinggalkannya, ia bergegas menuju lokasi Roro Jonggrang. Setibanya di lokasi, Bandung Bondowoso yang marah lantas mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke-1.000 untuk menggenapi janjinya.

Nah, bebatuan Bandung Bondowoso yang tertinggal itulah yang sekarang disebut sebagai Bukit Sepikul. Letaknya di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, 20 km sebelah selatan Kota Sukoharjo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya