SOLOPOS.COM - Wisatawan mengenakan jarit selama berkunjung di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (1/1/2023). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Museum Pura Mangkunegaran akan ditutup selama satu hari pada Rabu (1/3/2023). Museum ditutup selama satu hari untuk acara Tinggalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A. Mangkunagoro X atau peringatan kenaikan tahta Mangkunagoro X.

Mengutip dari story Instagram resmi @puromangkunegaran, museum tersebut akan buka kembali pada Kamis (2/3/2023). Acara puncak peringatan tahta K.G.P.A.A. Mangkunegoro X dilaksanakan di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, pukul 09.30 WIB sampai selesai. Masyarakat umum tetap bisa menyaksikan melalui siaran live streaming melalui instagram resmi @puromangkunegaran maupun channel YouTube-nya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelumnya, menyambut peringatan kenaikan tahta K.G.P.A.A. Mangkunagoro X, Pura Mangkunegaran menggelar Pasar Rakyat selama dua hari, mulai Sabtu (25/2/2023) pagi.

Pasar rakyat tersebut dibuka di Pamedan Mangkunegaran. Di sana, terdapat sejumlah kuliner tradisional Solo, produk UMKM dari berbagai wilayah, hingga panggung hiburan. Saat itu, pasar rakyat juga dimeriahkan dengan pembagian makanan tradisional gratis bagi para pengunjung.

Dibuka langsung oleh Mangkunagoro X, kegiatan pasar rakyat diharapkan bisa mendukung pelestarian budaya Kota Solo sekaligus memfasilitasi para penggiat UMKM. Pembagian makanan tradisional gratis bisa menjadi kesempatan berbagi dengan sesama sekaligus nguri-uri budaya bersama dengan sajian jajanan serta produk lokal khas Solo.

“Harapannya masyarakat hari ini bisa bersenang-senang di pasar rakyat, dengan UMKM yang sangat banyak, kuliner, pakaian, cenderamata, dan sebagainya,” kata dia.

Pasar Rakyat dalam rangka jumenengan ini diharapkan bisa menjadi wadah berekspresi para seniman, wadah pelestarian budaya, serta mendukung perekonomian sektor UMKM di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya