SOLOPOS.COM - Objek wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri, Senin (1/5/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menilai menurunnya jumlah wisatawan pada libur Lebaran 2023 dibanding tahun sebelumnya di berbagai objek wisata khususnya WGM Wonogiri bukan semata karena proses revitalisasi yang sedang berlangsung di lokasi itu.

Penurunan itu menurutnya juga karena jumlah pemudik yang datang di Wonogiri tahun ini berkurang. Setidaknya hal itu dilihat dari kepadatan lalu lintas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kalau lihat kepadatan lalu lintas kan malah enggak sepadat tahun lalu. Ini mungkin karena pemudik yang balik berkurang. Ini baru kemungkinan,” ujar Bupati yang akrab disapa Jekek itu saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (2/5/2023).

Ihwal objek wisata lain yang memberikan kontribusi pendapatan jauh lebih sedikit dibandingkan objek wisata WGM, Jekek menyebut hal itu karena keterbatasan akses ke objek wisata tersebut.

“Kalau kita lihat Pantai Sembukan misalnya, jalannya memang sudah bagus, tapi kan kecil, belum memungkinkan bus konvensional masuk ke sana,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, meski masih menjadi jujugan favorit para wisatawan selama libur Lebaran 2023, jumlah pengunjung objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri menurun dibanding Lebaran tahun lalu.

Total jumlah pengunjung objek wisata WGM pada periode itu sebanyak 35.700 orang sedangkan jumlah pengunjung pada tahun lalu sebanyak 43.426 pengunjung. Alhasil total pendapatan dari objek wisata itu juga turun dari Rp666 juta pada Lebaran 2022 menjadi senilai Rp514,7 juta pada Lebaran 2023.

Meski menurun, pendapatan yang diperoleh objek wisata WGM pada tahun ini menyumbang pendapatan terbesar dibandingkan lima objek wisata lain yang dikelola Pemkab Wonogiri. Sumbangannya mencapai 91,94% dari total pendapatan lima objek wisata senilai Rp559,8 juta selama momen Lebaran 2023.

Data Pengunjung dan Pendapatan

Berikut data jumlah pengunjung dan pendapatan lima objek wisata yang dikelola Pemkab Wonogiri selama Lebaran 2023:

1. Objek Wisata WGM
Pengunjung: 35.700 orang
Pendapatan: Rp514 juta

2. Pantai Sembukan
Pengunjung: 3.610 orang
Pendapatan: Rp18 juta

3. Museum Kars Pracimantoro
Pengunjung: 2.354 orang
Pendapatan: Rp23,7 juta

4. Goa Putri Kencana
Pengunjung: 99 orang
Pendapatan: Rp546.000

5. Kahyangan
Pengunjung: 570 orang
Pendapatan: Rp2,7 juta

Kepala UPTD Pengelolaan Objek Wisata Wonogiri Pardiyanto kepada Solopos.com, Selasa (2/5/2023), mengatakan wajar saja jika jumlah pengunjung maupun pendapatan objek wisata di Wonogiri menurun. Terutama karena objek wisata WGM masih proses revitalisasi.

“Wajar saja, soalnya ini [objek wisata WGM] kan masih dalam proses revitalisasi. Masih dikunjungi orang sebanyak ini saja sudah bersyukur,” kata dia. Sebagai informasi, dari sembilan hektare (ha) luas kawasan objek wisata WGM, dua ha terdampak proses revitalisasi.

Sedangkan objek wisata lain, meski mengalami kenaikan jumlah pengunjung dibanding hari biasa, sumbangan pendapatannya tidak signifikan. Menurut Pardiyanto, hal itu karena kurangnya daya tarik serta akses yang kurang memadai.

Ia mencontohkan Goa Putri Kencana yang daya tariknya hanya goa biasa. “Jadi orang kurang tertarik ke sana. Kemudian di Pantai Sembukan, walaupun pantainya bagus, tapi akses ke sananya kan jauh, jalannya juga kecil,” jelas Pardiyanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya