SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Solopos.com)–Pemkab Wonogiri menjadi kandidat penerima penghargaan Citra Bakti Abdi Negara (CBAN) tahun 2011.

Tim penilai tingkat pusat hadir di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri untuk penilaian kinerja pemerintah kabupaten di bidang pelayanan publik, Jumat (4/11/2011).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tim penilai itu terdiri dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPAN) dan Ombudsman RI. Kedatangan tim penilai itu disambut Sekda Wonogiri, Budi Seno, sebagai wakil dari Bupati.

Dalam sambutannya, Sekda Wonogiri, Budi Seno, menyatakan rasa bangga atas kedatangan tim penilai tingkat pusat. “Ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan publik Kabupaten Wonogiri baik” katanya, Jumat.

Sementara itu, Ketua Rombongan Tim Penilai yang juga Asisten Deputi Perekonomian KemenPAN, RN Endy Fatony, menyampaikan kedatangannya itu dalam rangka penilaian untuk penghargaan CBAN.

Penghargaan itu diberikan bagi Kabupaten yang dinilai memiliki kinerja berkualitas di bidang pemerintahan, khususnya pelayanan publik mulai tahun 2009-2011.

“Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan prestasi dan kualitas pelayanan di kabupaten. Sehingga dapat dirasakan masyarakat dan meningkatkan kesadaran Pemkab sebagai ujung tombak pelaksanaan Otonomi Daerah.” terangnya.

Menurut Endy, piala bukanlah satu-satunya tujuan penilaian, namun dengan status prestasi terbaik maka memotivasi Pemkab untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan.

Dalam penilaian itu, ada tiga hal yang disempurnakan, yakni pembenahan kelembagaan dengan melibatkan ombudsman dalam proses penilaian. Pembenahan tim penilai dengan memaparkan hasil penilaian kepada tim panel yang dipaparkan kembali kepada menteri. Juga pembenahan pada proses penilaian yang transparan dan akuntabel.

Dalam tiga tahun terakhir, ada 76 Standar Pelayanan Publik yang menjadi acuan penilaian. Di antaranya Pelayanan Rawat Jalan, Pelayanan Ambulan, Pelayanan Jasa Terminal dan Pelayanan Izin Usaha Perdagangan.

(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya