SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

Wonogiri (Solopos.com)–Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Wonogiri memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Perdagangan (Kemenperindag) tahun 2012 senilai Rp 1,1 M.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Disperindagkop dan UMKM, Sumardjono mengatakan dana tersebut akan difokuskan untuk pengembangan salah satu pasar.

“Kami  mendapat dana dari Kemenperindag  senilai Rp 1,1 miliar yang akan dipusatkan satu titik yakni salah satu pasar di Kabupaten Wonogiri. Lokasi pasar tersebut masih belum kami tentukan karena masih kami usulkan. Dan keputusan itu berada di Pemkab,” jelasnya saat ditemui wartawan seusai penyerahan alat pengolahan singkong di Desa Niru, Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Kamis (2/12/2012).

Ia menambahkan pengalokasian dana DAK yang berupa pengembangan pasar yakni dengan membangun lahan kosong yang berada di samping pasar. Sehingga dapat dikembangkan untuk lahan parkir atau menampung PKL di luar pasar yang belum mendapatkan tempat berjualan di dalam pasar.  Ia menegaskan lahan kosong yang akan digunakan untuk pengembangan pasar  harus milik Pemkab dan bersertifikat. Ia mencontohkan, salah satunya Pasar Jatiroto yang memiliki lahan kosong di sebelah pasar yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pasar.

“Di pasar tersebut masih ada sekitar 180 pedagang yang belum mendapat tempat di dalam pasar dan ada sekitar 80 kendaraan yang tidak mendapat tempat parkir saat pasar ramai. Jika ada pengembangan, maka pasar terlihat lebih rapi,” terangnya.

(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya