SOLOPOS.COM - Kantor Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. (kec.pracimantoro.wonogirikab.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Pracimantoro menjadi kecamatan terluas di Wonogiri. Menurut data Wonogiri Dalam Angka 2023 dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Pracimantoro yakni 144,40 kilometer persegi (km2).

Dibandingkan dengan Kota Solo, luas wilayah Pracimantoro itu mencapai tiga kalinya. Luas wilayah Kota Solo menurut data Surakarta Dalam Angka 2023 yakni 46,72 km2. Sedangkan dibandingkan dengan luas wilayah Wonogiri, luas wilayah Pracimantoro mencapai 7,58%.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Luas wilayah Wonogiri tercatat mencapai 1.905,74 km2. Berdasarkan data Jawa Tengah Dalam Angka 2023, Wonogiri menempati posisi keempat kabupaten terluas di Jawa Tengah setelah Cilacap (2.323,93 km2), Grobogan (2.023,85 km2), dan Blora (1.957,29 km2).

Sementara itu, meski merupakan kecamatan terluas, Pracimantoro bukanlah kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Wonogiri. Jumlah penduduk tercatat sebanyak 66.123 jiwa.

Jumlah penduduk Pracimantoro masih kalah banyak dibandingkan Kecamatan Wonogiri yang berpenduduk 87.490 jiwa, dan hanya berselisih sedikit dibanding Kecamatan Jatisrono (64.084 jiwa) dan Ngadirojo (60.479 jiwa).

Begitu juga dengan tingkat kepadatan penduduk, Pracimantoro jauh lebih sepi dibandingkan Kecamatan Jatisrono yang merupakan kecamatan terpadat di Wonogiri. Kepadatan penduduk Pracimantoro hanya 457,92 jiwa per km2, sementara Jatisrono 1.143 ,92 jiwa per km2.

Sedangkan Kecamatan Wonogiri terpadat kedua dengan tingkat kepadatan penduduk 1.035,14 jiwa per km2. Dilihat letak geografisnya, kecamatan terluas di Wonogri ini masuk wilayah selatan.

Perlintasan Antarprovinsi

Di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Eromoko, selatan dan barat dengan Provinsi DIY, sementara sisi timur berbatasan dengan Kecamatan Giritontro. Kecamatan Pracimantoro memiliki 18 desa yakni Sumberagung, Petirsari, Joho, Gambirmanis.

Kemudian Watangrejo, Suci, Jimbar, Sambiroto, Pracimantoro, Gedong, Gebangharjo, Sedayu, Banaran, Trukan, Tubokarto, Lebak, Glinggang, dan Wonodadi. Dari 18 desa tersebut, Gambirmanis merupakan kecamatan terluas dengan luas 13,78 km2 sedangkan Trukan merupakan desa terkecil dengan luas 4,51 km2.

Posisi Pracimantoro sebagai kecamatan terluas di Wonogiri cukup strategis karena berada di jalur perlintasan antara provinsi yakni dari DIY, Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur). Hal itu pula yang menjadi alasan pembangunan Pasar Hewan Pracimantoro pada 2021 lalu.

Kini, pasar hewan yang ramai saat hari pasaran Wage itu didatangi pedagang maupun pembeli hewan ternak dari berbagai daerah. Tak hanya dari wilayah provinsi yang berbatasan tapi juga dari Lampung, Banjarnegara, hingga Karawang, yang datang untuk kulakan hewan ternak di pasar tersebut.

Potensi lain di Kecamatan Pracimantoro adalah keberadaan Museum Karst Indonesia (MKI) yang diklaim sebagai museum karst terbesar di Asia Tenggara. Sebelumnya, sejak buka pada 2009, museum yang terletak di Desa Gebangharjo, Pracimantoro, ini dikelola Museum Geologi di bawah naungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Tiga belas tahun kemudian, tepatnya pada November 2022, pengelolaan Museum Karst Indonesia resmi diserahkan ke Pemkab Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya