SOLOPOS.COM - Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. (Dok)

Solopos.com, WONOGIRI — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mereplikasi keberhasilan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata, Purwakarta, Jawa Barat di lokasi lain, salah satunya di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2021-2030, ada lima PLTS terapung yang akan dibangun hingga 2030, yakni di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Jawa Tengah berkapasitas 100 MW, Waduk Sutami, Jawa Timur 122 MW, Waduk Jatiluhur, Jawa Barat 100 MW, Waduk Mrica, Jawa Barat 60 MW, dan Waduk Wonorejo, Jawa Timur 122 MW.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (10/11/2023), mengatakan keberhasilan Indonesia dalam membangun PLTS Terapung Cirata berkapasitas 192 MWp itu mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur serupa.

Menurut dia, sumber daya yang dimiliki Indonesia cukup besar untuk menerapkan apa yang telah dilakukan PT PLN Nusantara Power bersama perusahaan asal UEA, Masdar dalam membangun PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara itu.

“Yang perlu kita lakukan berikutnya adalah mereplikasi PLTS terapung ini dan akan kita scaling up dengan begitu banyak potensi waduk di Indonesia dan pemerintah tengah aktif membangun waduk dan bendungan,” ujar Yudo usai menyaksikan Peresmian PLTS Terapung Cirata oleh Presiden Joko Widodo, di Purwakarta, Kamis (9/11/2023), dilansir Solopos.com dari Antara.

Tercatat, potensi PLTS terapung di danau dan bendungan di Indonesia mencapai 89,36 GW di 295 lokasi. Dari total potensi PLTS terapung tersebut, terdiri atas di danau sebesar 74,67 GW di 36 lokasi dan bendungan 14,7 GW di 259 lokasi.

Dalam beberapa tahun ke depan, ujar Yudo, akan ada dua PLTS terapung lagi yang juga beroperasi, yakni di Saguling dan Singkarak.

“Yang terdekat itu sekarang Saguling, bendungan pertama cascade-nya Sungai Citarum, dan satu lagi Singkarak,” ujarnya pula.

PLTS Terapung Saguling, Jawa Barat akan memiliki kapasitas sebesar 60 MW, sedangkan PTLS Terapung Singkarak, Sumatera Barat berkapasitas 48 MW.

Sementara, proyeksi Waduk Gajah Mungkur yang nantinya akan dibangun PLTS terapung memiliki luas 8.800 hektare dengan panjang 1.452 meter, tinggi 42 meter, dan volume 730 juta meter kubik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya