SOLOPOS.COM - Anggota DPRD Karanganyar, Suyanto (keempat dari kanan), berfoto bersama pengelola UPT Perpustakaan Unisri Solo, Senin (22/8/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Seorang eks cleaning service di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Suyanto, sukses merintis karier di bidang politik dengan menjadi anggota DPRD Karanganyar.

Dia sudah dua periode menjadi wakil rakyat dari Gondangrejo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Informasi tersebut disampaikan Kepala UPT Perpustakaan Unisri Solo, Suharno, 57, saat ditemui di sela-sela kegiatan temu kangen jajaran pegawai UPT Perpustakaan Unisri dengan Suyanto, Senin (22/8/2022) siang di perpustakaan itu.

“Saya kenal Pak Yanto mulai 1990 an. Awalnya dia sebagai cleaning services. Pada 1995 dia diangkat jadi pegawai perpustakaan Unisri yang mengurus pelayanan, teknis, dan sebagainya. Pada 2014 dia jadi anggota DPRD Karanganyar,” ujar Suharno.

Menurut dia, Suyanto adalah sosok pegawai yang rajin, disiplin, tegas, ramah, dan supel.

“Saat kerja, dari jam masuk kerja sampai jam selesai bekerja, Pak Yanto selalu disiplin. Setiap pekerjaan dikerjakan hingga benar-benar tuntas,” kata dia.

Suharno berharap para pegawai UPT Perpustakaan Unisri Solo bisa belajar dari sosok Suyanto yang gigih dan berani memperjuangkan cita-citanya. Sebuah cita-cita yang dikejar dengan sungguh-sungguh dan dilambari doa pasti akan terkabul.

“Saya berpesan kepada teman-teman muda. Sedari awal prosesnya tidak mudah. Tapi bila didasari dengan niat yang baik, doa, dan usaha, akhirnya jadi. Itu berikan motivasi kepada teman yang lain, jangan rendah diri, semua pasti bisa,” tegas dia.

Sedangkan Suyanto, 53, adalah warga Banyubiru RT 001/RW 008 Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar.

Dia tercatat sebagai anggota Fraksi PDIP dan anggota Komisi I DPRD Karanganyar. Kali ini adalah periode kedua dia jadi wakil rakyat.

“Saya dulu bekerja di sini, di Perpustakaan Unisri Solo dari 1995 sampai 2014. Lalu pada 2014 saya ikut Pemilu Legislatif karena didukung, didorong warga, dan alhamdulillah jadi. Padahal awalnya saya tak punya ambisi jadi legislator,” tutur dia.

Sejak menjadi anggota DPRD Karanganyar, Suyanto mengajukan cuti di luar tanggungan, kepada Unisri Solo dan disetujui. Selama cuti dia tak dapat gaji. Cuti itu dia perpanjang pada 2019 karena bisa kembali lolos ke parlemen Bumi Intanpari.

“Siang ini saya silaturahmi, reuni dengan teman-teman di Perpustakaan Unisri. Dulu saat saya kerja di sini Perpustakannya belum sebesar ini. Sekarang sudah jadi gedung tiga lantai dan layanannya pun sudah modern, bagus sekali,” ungkap Yanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya