SOLOPOS.COM - Salah seorang dosen menandatangani pakta integritas untuk pencanangan Zona Integritas FIB UNS, di ruang seminar setempat, Kamis (27/6/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO– Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, mencanangkan diri sebagai kawasan Zona Integritas (ZI), Kamis (27/6/2024) di ruang seminar setempat.

ZI merupakan bagian dari percepatan reformasi birokrasi dan mendorong unit kerja menjadi wilayah bebas korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dekan FIB UNS, Warto, mendukung penuh pencanangan ZI di karena merupakan bentuk konkret komitmen FIB UNS dalam mewujudkan efektif, efisien, dan bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

lebih lanjut dia mengaku telah membentuk Tim Pelaksana Pembangunan ZI di FIB. Di mana tim tersebut mencakup enam komponen antara lain manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Harapannya dengan adanya ZI ini anggapan bahwa birokrasi selalu membuat suatu hal mudah menjadi susah bisa dihilangkan,” kata dia saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua Tim Reformasi Birokrasi UNS, Retno Tanding Suryandari menyampaikan bahwa gerakan reformasi birokrasi terus digalakkan karena birokrasi saat ini memang belum sempurna dalam implementasinya.

Dia mencontohkan tentang banyaknya tumpang tindih peraturan, sistem pengawasan yang lemah, hingga belum optimalnya peran SDM sebagai aparatur penyelenggara.

“Pencanangan ZI ini hanya sebagai pintu awal dari reformasi birokrasi. Setelahnya mewujudkan wilayah atau zona bebas korupsi hingga nantinya akan tercipta kawasan yang pelayanannya bersih dan berorientasi pada kualitas pelayanan yang baik,” papar dia.

Kegiatan bertajuk Sosialisasi dan Pencanangan sebagai Zona Integritas tersebut dihadiri puluhan dosen, tenaga kependidikan, organisasi mahasiswa, perusahaan rekanan, dan insan pers. Dalam kesempatan tersebut juga diadakan sesi pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh dosen dan tendik FIB UNS.

Sebagai penutup, FIB UNS juga melaunching laman ZI resminya yakni, http://zi.fib.uns.ac.id/. Di mana di laman tersebut berisikan 6 komponen penerapan ZI di FIB UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya