SOLOPOS.COM - Sejumlah warga tengah mengantre untuk mendapatkan makan siang gratis dari Yayasan Damaris Pancasila di area parkir Benteng Vasternburg, Solo, Senin (22/4/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SOLO– Yayasan Damaris Pancasila Indonesia memiliki program yang unik untuk berbagi. Mereka setiap Senin mulai pukul 12.00 WIB membagikan ratusan porsi makan siang gratis bagi warga di sekitar area parkir Benteng Vastenburg, Solo.

Ketua Yayasan Damaris Pancasila Indonesia Wilayah Solo, Hari, mengatakan program makan siang gratis ini sudah berjalan hampir empat tahun. Sebelumnya bersama pengurus lainnya membagikan makan siang gratis dengan cara berkeliling.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Dulu awal-awal kami berdiri, pembagian makan siang gratis ini kami lakukan dengan berkeliling Solo menggunakan mobil dan memberikannya ke orang-orang yang membutuhkan. Namun mulai awal 2024 kami memutuskan untuk stay di area parkir Benteng Vastenburg, Solo saja, dan warga yang butuh tinggal datang” kata hari saat ditemui Solopos.com, Senin (22/4/2024).

Kata Hari, selain tidak berkeliling lagi, Yayasan Damaris Pancasila Indonesia juga sudah tidak menggunakan sistem nasi kotak atau nasi box. Melainkan dengan membuka semacam dapur umum yang masakannya bervariasi tiap pekannya dan dimasak sekaligus dihidangkan oleh para pengurus secara langsung kepada masyarakat.

“Konsep baru ini bertujuan agar kami lebih dekat dengan warga. Bersyukurnya langsung dapat respons bagus, pekan lalu kami tidak ada 10 menit makan siangnya sudah habis diserbu warga,” kata dia.

Damaris Pancasila Indonesia Benteng Vastenburg makan siang gratis
Beberapa pengurus Yayasan Damaris Pancasila Wilayah Solo sedang menyiapkan makan siang gratis untuk warga di area parkir Benteng Vasternburg, Solo, Senin (22/4/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Hari menerangkan makan siang gratis ini hanya salah satu program dari yayasan yang berdiri pada 2021 silam. Lantaran selain makan siang gratis ada juga program lain seperti memberikan pengobatan gratis, kursi roda, pendirian dapur umum untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana, dan kegiatan kerohanian, dan penanaman rasa kebangsaan.

Pantauan Solopos.com, Senin (22/4/2024) makan siang gratis sebanyak 200 porsi tersebut diikuti oleh beragam lapisan masyarakat. Mulai dari pengemudi ojek online, juru parkir, tukang becak, pegawai kantoran, pemulung, hingga beberapa wisatawan.

Mereka pun antre dengan tertib untuk menunggu makanan mereka. Menu makan siang kali ini ada nasi, bakmi goreng, sayur, ayam goreng, pisang, dan segelas air mineral.

Salah satu warga yang ikut makan siang gratis, Budi, mengatakan baru sekali ikut kegiatan ini. Padahal dirinya sudah tahu cukup lama, namun belum sempat mampir.

Pria yang bekerja sebagai tukang becak di sekitaran Pasar Klewer itu juga merasa terbantu dengan makan siang gratis lantaran bisa menghemat pengeluaran untuk makan siang. Dan warga asal Jagalan ini berencana datang lagi Senin depan.

“Jelas terbantu, soalnya kan pendapatan saya sebagai tukang becak ya tidak banyak. Jadi bisa hemat untuk tidak jajan makan siang. Karena menunya enak,  Senin depan saya akan ke sini lagi” ungkapnya.

Budi menjelaskan bagi warga Solo dan sekitarnya apabila tertarik ikut serta dalam kegiatan makan siang gratis Yayasan Damaris Pancasila Indonesia, bisa menyalurkan donasi ke rekening BCA atas nama Yayasan Damaris Pancasila Indonesia di 4500660088. Masyarakat pun bisa melihat semua kegiatan Yayasan Damaris Pancasila Indonesia dan laporan keuangan donasi lewat website: www.damaris.or.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya