SOLOPOS.COM - Suasana Taman Nyi Ageng Rakit di sisi timur Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Sabtu (9/4/2022) sore. Kawasan itu menjadi salah satu lokasi pilihan untuk ngabuburit. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Taman Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor Klaten dinilai menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi saat liburan Lebaran 2022. Taman yang berlokasi di sisi timur Rawa Jombor ini dibangun dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Berdasarkan data yang dihimpu Solopos.com, di lokasi tersebut terdapat beberapa fasilitas, seperti spot selfie, patung, amfiteater untuk panggung pertunjukan berlatar belakang panorama rawa.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di samping itu, terdapat empat joglo yang difungsikan untuk Plaza Kuliner. Pada joglo itu ada kios dan ruangan yang bisa digunakan untuk diisi meja serta kursi. Tempat itu menjadi lokasi kuliner, memindahkan kuliner warung apung yang sudah dibongkar seiring bergulirnya revitalisasi Rawa Jombor.

Aneka menu disajikan para pelaku usaha di kios kuliner Plaza Nyi Ageng Rakit. Seperti soto, chicken katsu, ayam goreng/bakar, ayam dan ikan filet, serta aneka minuman kekinian. Ada pula jajanan sosis bakar dan lain-lain.

Para pelaku usaha tetap menawarkan hidangan yang sebelumnya menjadi kuliner khas warung apung. Menu itu yakni olahan ikan air tawar seperti lele, nila, bawal, serta patin dengan cara digoreng atau dibakar.

Baca Juga: Wow! Rawa Jombor Ternyata Berpotensi Jadi Warisan Dunia Lo

Menu-menu itu disajikan dalam paketan lengkap dengan nasi, lalap/trancam, serta es teh atau teh panas. Pengunjung bisa memesan makanan pada kios kuliner di masing-masing joglo serta menikmati hidangan mereka dengan memilih tempat duduk yang tertata rapi di joglo.

Petugas tiket Taman Nyi Ageng Rakit, Mulyadi Yahmin, mengatakan lebih kurang 500 pengunjung datang ke Taman Nyi Ageng Rakit hingga pukul 12.30 WIB pada Selasa (3/4/2022). Kepadatan pengunjung biasanya terjadi pukul 17.00 WIB. Alasannya, aktivitas pedagang di wilayah taman baru akan buka pada jam itu.

“Untuk pengunjung yang datang di sini [Taman Nyi Ageng Rakit] kami harap mematuhi protokol kesehatan [prokes] dan wajib memakai masker,” kata Mulyadi saat ditemui Solopos.com, Selasa (3/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya