SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan: Perwakilan Univeraitas Binus Semarang, Emmanuel Putro Prakoso; Bussiness and Marketing Director The Park Mall, Danny Johannes; Fotografer International dari Jogja, Fauzie Helmy; Perwakilan Megamine Production, Kelvin Jojo dalam jumpa pers di The Park Mall, Rabu (2/11/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — The Park Mall Solo Baru yang beralamat di Grogol, Sukoharjo, menyajikan konsep acara bertajuk Wayang in Metaverse dalam perayaan ulang tahun mereka ke-9. Pembuatan Wayang in Metaverse dikebut selama 25 hari pengerjaan.

“Kalau menanyakan proses produksi kami hanya mempersiapkan 1,5 bulan. Jujur sampai hari ini videonya masih dalam proses pembuatan. Karena konten belum seluruhnya terkumpul sehingga 25 hari kami butuhkan untuk menyiapkan ini semua,” terang Bussiness and Marketing Director The Park Mall, Danny Johannes dalam jumpa pers di The Park Mall, Rabu (2/11/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Meski dengan proses produksi yang tak mudah, dengan 25 hari persiapan itu, pihaknya mempersiapkan suguhan Wayang in Metaverse dengan konsep time tunel atau mesin waktu.

Pengunjung dapat menikmati sajian pewayangan dari konsep tradisional hingga pameran foto bahkan Dark Room Experience hingga Virtual Reality (VR) Experience.

Pengunjung disuguhkan wayang tradisional lengkap dengan beberapa gamelan bikinan warga Sukoharjo. Sementara suguhan foto wayang merupakan hasil karya fotografer bertaraf internasional di antaranya Fauzie Helmy, Johnny Hendarta, Risman Marah, dan Darwis Triyadi.

Baca juga: Gratis! Konser Melly Goeslaw & Wayang Metaverse di HUT The Park Mall Solo Baru

“Pengunjung juga bisa masuk ke dalam mobil Hyundai Stargezer dengan menggunakan VR, setelah itu pengunjung dapat masuk ke dalam Immersive Room untuk melihat video mapping tentang wayang,” terang Johnny.

“Kami tidak melawan pakem, kami tidak memaksa berubah tetapi kami adalah bagian dari perubahan,” imbuh Johnny.

Fotografer Indonesia yang telah melanglangbuana ke berbagai negara, Fauzie Helmy menyampaikan gelaran itu dimaksudkan untuk melestarikan budaya dengan cara berbeda apalagi saat ini semua orang bisa memotret.

Menurutnya fotografi bisa menjadi bagian dalam pelestarian budaya dan menjadi alat diplomasi budaya ke ranah internasional.

“Ini merupakan salah satu sudut pandang kami untuk bisa masuk ke ranah dunia milenial. Kami tetap memeperhatikan tatanan dalam bercerita, kami tidak merubah jalur dalam dunia pewayangan. Kami hanya merespons dengan sudut pandang yang lebih kreatif sehingga bisa diterima semua kalangan,” terang Fauzie Helmy.

Baca juga: Keren! The Park Mall Solo Baru Sukoharjo akan Gelar Wayang Metaverse

Perwakilan Universitas Binus Semarang, Emmanuel Putro Prakoso menyampaikan gelaran itu diharapkan bisa membawa wayang masuk ke wilayah teknologi immersive (dunia fisik dan realitas digital), segmentasi umur, dan seluruh lapisan sosial bisa menikmati sehingga pasarnya menjadi lebih luas.

Dia menambahkan Wayang dalam suasana mall juga berupaya mengisi ruang kosong pertunjukan wayang itu sendiri.

“Kehadiran kami [prodi desain komunikasi visual] DKV Binus merepons wayang, pakemnya tidak kami hilangkan kami hanya menggunakan media baru. Bagaimana mengisi ruang kosong pertunjukkan wayang yang kurang tersebar di generasi yang luas,” jelas Emmanuel.

Sementara itu Perwakilan Megamine Production yang turut menggarap produksi Wayang in Metaverse, Kelvin Jojo, menyampaikan sebagai generasi milenal dirinya merasa tertarik dengan upaya pembelajaran budaya dengan cara yang lebih muda.

“Dari sini saya tertarik jadi tahu cerita pewayangan, bukan secara terpaksa dengan bentuk metavers yang anak muda banget,” terang pria yang disapa Keljo itu.

Baca juga: Jadi Motor Andalan Honda Kelas Sport Premium, Ini Harga New CBR250RR di Jateng

Pembukaan Wayang in Metaverse diselenggarakan pada Rabu (2/11/2022) pada pukul 19.00 WIB. The Park Solo juga mengajak jajaran Pemerintah Kabupaten Sukoharjo untuk turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sementara rangkaian perayaan ulang tahun itu akan dilaksanakan pada 2-7 November 2022. Pengunjung dapat menikmati suguhan tersebut secara gratis di The Park Mall.

Selain itu Pameran Foto Wayang in Metavers, Immersive Room dan VR Experience dapat dinikmati pengunjung pada pukul 10.00 WIB-22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya