SOLOPOS.COM - Ilustrasi tempat isolasi pasien Covid-19. (freepik)

Solopos.com, KLATENSatgas PP Covid-19 sekaligus Pemerintah Desa (Pemdes) Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, mulai menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter) dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu dilakukan guna mencegah munculnya warga terpapar virus corona di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di Klaten.

Kepala Desa (Kades) Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Ery Karyatno, mengatakan tempat isoter tingkat desa yang disiapkan berada di rumah di sebelah selatan balai desa. Untuk sementara, tempat isoter terpusat disediakan dua tempat tidur terlebih dahulu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami sudah mulai menyiapkan tempat isoter tingkat desa. Saat ini dalam kondisi ready. Kami tetap perlu memgantisipasi [potensi munculnya kasus Covid-19]. Meski sampai sekarang, di daerah kami masih tergolong zona hijau Covid-19,” kata Ery Karyatno, kepada Solopos.com, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Ijab Kabul di Klaten Cuma Dihadiri Pria karena Wanita Reaktif Covid-19

Selain menyiapkan tempat isoter terpisat, lanjut Ery Karyatno, Satgas PP Covid-19 Desa Demakijo terus mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). Gerakan Jogo Tonggo di Demakijo juga sudah digencarkan kembali.

“Pengalaman tahun sebelumnya [2021], kasus tertinggi di desa kami bisa mencapai 14 orang,” katanya.

Ery Karyatno mengatakan Satgas PP Covid-19 menggencarkan vaksinasi Covid-19 di tingkat warganya. Hal itu termasuk menggencarkan vaksinasi booster bagi warga lanjut usia (lansia). “Vaksinasi booster kali terakhir di awal pekan ini. Jumlah tervaksin waktu itu mencapai 72 orang,” katanya.

Baca Juga: Covid-19 Menjamur Lagi di Klaten, Hanya Bayat yang Nol Kasus

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan seluruh Satgas PP Covid-19 harus menyiapkan diri guna mencegah dan menangani kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar. Hal itu termasuk menggencarkan vaksinasi Covid-19 di tengah masyarakat.

Hingga sekarang, kuota vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bersinar saat sekarang tak terbatas alias berlimpah. Setiap warga Klaten yang belum divaksinasi dipersilakan berkunjung ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat di Kabupaten Bersinar.

“Vaksinasi booster di Klaten masih di angka 3,86 persen. Ke depan akan terus ditingkatkan,” kata AKBP Eko Prasetyo.

Baca Juga: Tambah Lagi, Kini 6 SD dan SMP di Klaten Ditutup karena Covid-19

Sebagaimana diketahui, jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Klaten hingga, Kamis (10/2/2022) siang mencapai 301 kasus. Penambahan kasus Covid-19 dalam sehari tersebut mencapai 64 orang. Sedangkan jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh mencapai 16 orang.

“Kami setiap hari melakukan operasi yustisi. Tujuannya untuk mengingatkan seluruh warga agar tetap disiplin prokes,” kata Kepala Satpol PP Klaten, Joko Hendrawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya