12 SMPN di Solo Kekurangan Siswa, Pendaftar Sekolah Lain Dialihkan

Ilustrasi pendaftaran peserta didik baru (PPDB) offline. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
08 Juli 2018 05:30 WIB Insetyonoto Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Belum terpenuhinya kuota siswa 12 SMP negeri (SMPN) di Solo pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun ajaran 2018-2019 ini diyakini sudah ada solusinya. Kekurangan siswa di SMPN yang kuotanya belum terpenuhi akan diisi dengan pendaftar di sekolah lain yang kuotanya sudah terpenuhi.

Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, mengungkapkan SMPN yang kekurangan siswa akan ditutupi dengan mengalihkan calon siswa di SMPN lain yang kelebihan pendaftar dalam satu zona. “Kekurangan siswa SMPN 3 bisa diambilkan dari kelebihan pendaftaran SMPN 1 yang masih satu zona,” jelas dia.

Untuk menutup kekurangan siswa di sejumlah SMPN, Etty menjamin tidak akan mengambil calon siswa yang telah diterima di SMPN swasta. Kekurangan siswa ini, imbuh dia, hanya akan diisi oleh siswa yang belum mendapatkan sekolah baik di SMPN dan SMP swasta. Tujuannya agar semua anak bisa bersekolah sesuai kebijakan Pemkot Solo.

Menurut Etty, tidak ada penambahan waktu pendaftaran PPDB online SMPN yang berakhir 5 Juli 2018. “Dinas Pendidikan telah membentuk desk menangani kekurangan siswa dibeberapa SMPN. Kami menjamin kuota siswa semua SMPN dapat terpenuhi,” ujar Etty.

Menurut dia, masyarakat sudah paham terhadap sistem zonasi PPDB SMPN sehingga mendaftar di sekolah yang dekat dengan rumah. “Kebijakan Pemkot memindahkan sekolah dalam rangka mendukung zonasi agar lebih dekat dengan masyarakat. Memang perlu evaluasi PPDB agar ke depan lebih baik,” ujar dia.

Kuota siswa SMPN di Solo pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tahun ajaran 2018-2019 belum terpenuh karena masih tersisa 936 kursi yang kosong. Ratusan kursi yang masih kosong ini tersebar di 12 SMPN. Sisa kuota paling banyak ada di SMPN 26 Solo sebanyak 136 kursi, disusul SMPN 25 Solo sebanyak 124 kursi, dan SMPN 3 Solo sebanyak 122 kursi.

Hal ini diketahui dari hasil pendaftaran PPDB online SMPN yang berakhir 5 Juli 2018 yang diungguh di laman ppbd.surakarta.go.id. Sedangkan pengumuman PPDB SMPN akan dilakukan sesuai jadwal Dinas Pendidikan Solo, yaitu pada Senin (9/7/2018).