Klaten Siapkan Rp1 Miliar untuk Penerimaan CPNS

Ilustrasi tes CPNS. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
27 Agustus 2018 14:15 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Kepastian rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (CASN) hingga kini belum ada kejelasan. Kendati demikian, Pemkab Klaten tetap menganggarkan dana senilai Rp1 miliar untuk keperluan tersebut dalam APBD Perubahan 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Surti Hartini, mengatakan perhitungan alokasi dana Rp1 miliar itu disesuaikan jumlah usulan Pemkab ke Kementeriaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Persiapan anggaran dilakukan untuk mengantisipasi jika Kemenpan RB mengeluarkan formasi dan kuota CASN untuk Klaten setelah APBD Perubahan digedok. “Di APBD Perubahan sudah diajukan. Saat ini tinggal menunggu kepastian dari Kemenpan RB,” jelas Surti saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, pekan lalu.

Surti menjelaskan Pemkab mengusulkan pengisian CASN untuk Klaten sesuai jumlah ASN yang pensiun tahun ini yakni 716 orang. Mayoritas usulan itu untuk lowongan tenaga kependidikan dan kesehatan.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, jumlah ASN di Klaten sekitar 10.240 orang terdiri atas 4.387 laki-laki dan 5.853 perempuan. Sementara jumlah ASN berdasarkan kelompok usia yakni kurang dari 30 tahun ada 80 orang, usia kurang dari 40 tahun ada 1.434 orang, usia kurang dari 50 tahun ada 2.737 orang, serta usia lebih dari 50 tahun ada 5.989 orang.

Lebih lanjut, Surti meminta warga tak termakan informasi yang beredar soal lowongan CASN di Klaten tahun ini sampai ada kejelasan soal rekrutmen CASN dari pemerintah pusat. Ia juga meminta warga tak terbujuk iming-iming orang-orang yang menjanjikan bisa meloloskan menjadi ASN.

“Jangan percaya hoaks. Kalau sudah ada informasi resmi, tentu kami umumkan. Belum lagi tes CASN sekarang kan melalui CAT [computer assisted test] yang hasilnya langsung diketahui setelah tes,” katanya.

Sekretaris Komisi I DPRD Klaten, Sunarto, mengatakan usulan anggaran untuk rekrutmen CASN sudah masuk dalam pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD 2018.

“Memang belum ada formasi. Namun, kalau tiba-tiba muncul formasi setelah APBD Perubahan dibahas, dana sudah disiapkan. Kalau ternyata tidak ada formasi sampai akhir tahun anggaran masuk Silpa,” kata Sunarto saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/8/2018).

Ia mengatakan rekrutmen CASN mendesak dilakukan terutama untuk tenaga kependidikan dan kesehatan. “Sekarang juga model pelayanan sudah berbasis IT. Tentu dibutuhkan tenaga-tenaga baru yang juga paham IT,” tutur dia.