Kondisi Gereja Bethany Solo Setelah Kebakaran Pasar Legi

Petugas memeriksa bagian dalam Gereja Bethany Solo, Jl Lumban Tobing, Banjarsari, Solo, Senin (29/10 - 2018) malam. (Solopos / Nicolous Irawan)
30 Oktober 2018 05:30 WIB Tamara Geraldine/Irawan Sapto Adhi/Nicolous Irawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Gereja Bethany, Jl. Lumban Tobing No. 11, Setabelan, Banjarsari, Solo, yang berada tepat di sebelah timur Pasar Legi, ikut terdampak kebakaran pada Senin (29/10/2018) malam. Api yang merembet dari bangunan Pasar Legi sempat menyentuh atap gereja.

Memasuki malam hari, api terus membesar dan merembet ke bagian selatan pasar. Sekitar pukul 18.30 WIB api sudah mengenai Gereja Bethany yang berada di sebelah timur pasar. Sebagian atap gereja sudah dilalap api.

Empat mobil damkar berupaya keras memadamkan api agar tidak membakar bagian dalam gereja. Sementara itu, api juga merembet ke deretan los dan kios di sisi selatan pasar.

Sedangkan di pasar, situasi sudah tidak memungkinkan untuk menyelamatkan barang-barang dagangan di dalam pasar karena gelap. Semua lampu di dalam pasar mati. Pegawai kantor pengelola pasar berhasil mengamankan sejumlah barang dan arsip serta surat-surat penting. Semuanya diungsikan ke Balai Kota Solo.

Kerja keras tim pemadam kebakaran bisa mencegah api merusak bangunan gereja. Akibat kebakaran di Pasar Legi, ruangan Gereja Bethany dipenuhi asap tebal. Namun dari gambar yang diperoleh Solopos.com, ruang utama gereja tidak mengalami kerusakan.

Berikut gambar bagian dalam Gereja Bethany Solo setelah kebakaran Pasar Legi yang diambil fotografer Solopos, Nicolous Irawan: