SOLOPOS.COM - Puluhan ribu bilik suara Pemilu 2024 tiba di gudang KPU Sukoharjo, Rabu (25/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Puluhan ribu bilik suara Pemilu 2024 telah tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo, Rabu (25/10/2023). Kedatangan bilik suara itu turut diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo.

Sedikitnya 10.132 bilik suara ditambah 50 cadangan telah tiba di Gudang KPU di jalan Sukoharjo-Juwiring atau tepatnya di Ngrukem, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo. Bilik suara berbahan duplex itu diangkut menggunakan dua truk dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki, mengimbau KPU Sukoharjo untuk mewaspadai potensi banjir yang bisa merusak bilik suara tersebut. Imbauan ini bukan tanpa alasan, pasalnya lokasi gudang berada dekat dengan daerah aliran sungai. Bilik suara tersebut ditumpuk setinggi 30 bendel dengan masing-masing bendel berisi 10 lembar bilik yang dikemas plastik.

“Dalam penyimpanannya bilik yang ditumpuk tersebut masih ditutup terpal atasnya untuk menghindari kerusakan. Dibawah juga masih diberi kayu palet agar tidak menempel langsung dengan lantai,” jelas Rochmad.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Sekretaris KPU Sukoharjo, Boedi Sulistyo, membeberkan meski dekat dengan aliran sungai, posisi gudang tersebut lebih tinggi daripada jalan raya Sukoharjo-Juwiring. Boedi memastikan lokasinya juga aman dari banjir.

Sejauh ini baru bilik suara yang sudah diterima KPU Sukoharjo. Mengenai distribusi logistik lainnya, Boedi menunggu pemberitahuan selanjutnya.

“[Bilik suara] baru tiba tadi pagi, langsung diturunkan di gudang KPU Sukoharjo. KPU menyewa gudang di Ngrukem ini untuk menyimpan seluruh logistik untuk Pemilu 2024. Tempatnya tinggi, aman dari banjir,” beber Boedi.

Pada bagian lain, KPU Sukoharjo saat ini tengah mengalami kekosongan komisioner lantaran masa jabatan komisioner sebelumnya telah usai pada Senin (23/10/2023) lalu. Saat ini tahap seleksi komisioner KPU masih berjalan. Pada Sabtu (28/10/2023) akan ada pengumuman hasil seleksi dan pada Senin (30/10/2023) akan ada pelantikan komisioner KPU yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya