SOLOPOS.COM - Helm berstiker khusus diserahkan sebagai bantuan dari Polres Klaten kepada 10 difabel tunarungu agar lebih nyaman dan aman saat berkendara, Kamis (30/11/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 10 penyandang disabilitas atau difabel tunarungu di Klaten menerima bantuan alat bantu dengar dan helm dengan stiker khusus dari Polres Klaten. Pemberian bantuan itu dimaksudkan untuk membuat mereka lebih nyaman ketika berkendara di jalan raya.

Penyerahan bantuan itu dilakukan di halaman Polres Klaten kepada 10 penyandang tunarungu, Kamis (30/11/2023). Masing-masing penyandang tunarungu menerima bantuan berupa alat bantu dengar serta helm diberi keterangan gambar dan bertuliskan “Perhatian Pengendara Difabel, Perhatikan Jarak Aman”.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ini sementara kami siapkan 10 unit dulu. Ke depan mungkin akan kami tambah. Karena mereka juga punya hak berkendara, tetapi punya keterbatasan. Dengan alat ini, mudah-mudahan mereka di jalan merasa nyaman serta bisa tertib dalam berlalu lintas,” kata Kapolres.

Dengan bantuan helm berstiker khusus itu, pengguna jalan lain di Klaten bisa memahami bahwa pengendara yang mengenakan helm tersebut merupakan difabel tunarungu. Dari pendataan di satu komunitas penyandang disabilitas, setidaknya ada sekitar 35 orang yang berkendara.

Salah satu penyandang disabilitas tunarungu, Wulan, 21, menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Dia mengaku sering mengendarai sepeda motor.

Selama ini, dia berkendara mengandalkan visual. Dengan bantuan alat bantu dengar itu, dia berharap bisa semakin nyaman dan tenang ketika berkendara. “Susahnya itu ketika ada bus terkadang tidak mengetahui,” kata Wulan melalui penerjemah bahasa isyarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya