SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar Rober Christanto melantik puluhan ASN di Pemkab Karanganyar pada Selasa (5/12/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR–Sepuluh hari menjelang lengser, Bupati Karanganyar Rober Christanto langsung tancap gas melakukan mutasi. Gerbong mutasi pertama di bawah pemerintahannya dilakukan kepada puluhan aparatur sipil negara (ASN) menyentuh sejumlah camat serta pejabat eselon III dan IV lainnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ASN yang dimutasi dilakukan Bupati Rober Christanto di Ruang Anthorium Rumah Dinas (Rumdin) Bupati pada Selasa (5/12/2023) pagi. Pejabat camat dilantik di antaranya Camat Gondangrejo, Sriono Budi Santoso, Camat Jaten Juli Padmi Handayani dan Camat Jatipurno Kusbiyantoro. Kemudian Kepala BPBD Karanganyar dijabat Hendro Prayitno.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Rober Christanto mengatakan mutasi merupakan hal biasa di lingkungan pemerintahan. Rober bahkan menepis mutasi tersebut ada muatan kepentingan politis selama dirinya menjabat bupati. “Proses telah berlangsung sesuai ketentuan yang ada. Terima kasih,” kata dia dalam sambutannya.

Rober meminta pejabat dilantik untuk segera menyesuaikan di tempat yang baru dengan penuh tanggung jawab. Dalam pengambilan keputusan ini tidak ada unsur sentimen atau kepentingan apa pun.

Dalam kesempatan itu, Bupati menekankan pentingnya kerja bersama (teamwork) bagi ASN Pemkab Karanganyar. Para abdi negara ini diminta menghilangkan ego sektoral dan tentunya diminta unggul atau selangkah lebih maju untuk Karanganyar yang lebih baik.

“Jangan mematikan, menghambat kelebihan siapapun. Tapi harus selangkah lebih maju,” pinta Bupati.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Timotius Suryadi mengingatkan pejabat baru segera beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Sekda mengingatkan jabatan tersebut bukan hadiah, melainkan tanggungjawab yang harus dipegang oleh masing-masing pejabat.

Tanggung jawab ini merupakan sebuah kepercayaan yang harus dipertanggungjawabkan dengan prestasi. “Jangan lupa ASN itu dituntut memberikan yang terbaik. Jadi buktikan dengan prestasi di abatan baru ini,” kata Sekda.

Sebelumnya, Rober Christanto resmi dilantik menjadi Bupati Karanganyar definitif periode 2018-2023. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Grhadhika Semarang pada Senin (20/11/2023) lalu.

Selepas pelantikan, Rober mengatakan akan maraton menyelesaikan program kerja pemerintahan di waktu singkat memimpin tak genap sebulan nanti. Koordinasi dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah dilakukan saat menjadi Plt Bupati Karanganyar.

“Saya sudah kumpulkan semua pimpinan OPD kemarin. Kita evaluasi bersama mana yang belum dikerjakan dan didorong untuk diselesaikan secepatnya,” kata Rober kepada wartawan.

Rober mengaku hanya memiliki waktu singkat memimpin Kabupaten Karanganyar. Jabatan sebagai bupati akan berakhir pada 15 Desember 2023. Karena itu, dibutuhkan percepatan penyelesaian program kerja pemerintahan yang terencana di tahun ini.

“Semua program sudah direncanakan di tahun ini. Hanya kita genjot mana yang belum selesai,” kata dia. Rober berharap kerja sama semua pihak untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Karanganyar.

Rober Christanto akan mengakhiri masa jabatannya pada 15 Desember 2023 sebagaimana ketetapan pengangkatan dan pemberhentian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya