SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, melantik puluhan pejabat di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (19/3/2024). (klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN–Bupati Klaten, Sri Mulyani, melantik puluhan pejabat di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (19/3/2024) siang. Para pejabat yang dilantik menempati posisi jabatan tinggi pratama atau eselon II sebanyak tujuh orang, jabatan administrator atau eselon III sebanyak 40 orang, serta pejabat pengawas atau eselon IV sebanyak 29 orang.

Selain itu, Bupati melakukan pengukuhan para pejabat menyesuaikan nomenklatur yang berlaku. Sebanyak 11 kepala SMP ikut dilantik serta penyerahan SK penugasan koordinator wilayah bidang pendidikan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Di antara 40 pejabat administrator yang dilantik, ada 11 camat. Mereka yakni Anna Fajria Hidayati yang sebelumnya Camat Ngawen kini menjabat Camat Klaten Selatan. Seniwati sebelumnya Camat Ceper menjabat sebagai Camat Klaten Utara. Poniran yang sebelumnya Plt Camat Karanganom kini menjabat Camat Ngawen.

Joko Krismanto yang sebelumnya Camat Kemalang menjabat sebagai Camat Prambanan. Wachyu Adhy Pratomo yang sebelumnya Camat Klaten Utara kini menjabat Camat Manisrenggo. Sumarsih Kuncoro yang semula Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup kini menjabat sebagai Camat Kemalang. Joko Handoyo yang sebelumnya Camat Polanharjo kini menjabat sebagai Camat Karanganom.

Supardiyono yang sebelumnya Camat Klaten Selatan kini menjabat Camat Ceper. Didik Sudiarto yang sebelumnya Sekretaris Kecamatan Kalikotes kini menjabat sebagai Camat Pedan. Marjana yang sebelumnya Camat Pedan kini menjabat sebagai Camat Trucuk. Purwani kini menjabat sebagai Camat Karangdowo.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan jabatan bukan hadiah dari pemerintah, tetapi tanggung jawab dan kepercayaan negara yang diberikan ke para pejabat yang dilantik. Lantaran hal itu, Mulyani meminta para pejabat yang dilantik menjawab kepercayaan itu dengan kerja keras, kerja jujur, dan kerja amanah.

Mulyani juga mengingatkan rotasi dan mutasi jabatan, regerasi, dan penataan ulang struktur organisasi dalam birokrasi pemerintahan merupakan bagian dari dinamika pemerintahan.

“Tidak ada jabatan yang langgeng. Tidak ada kekuasaan yang tak berbatas. Maka jangan jadikan jabatan itu tujuan hidup agar kita tidak lalai dalam hakikat kehadiran kita di muka bumi,” kata Mulyani.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Agus Setyawan Prasetyoko, mengatakantotal pejabat yang dilantik yakni 92 ASN termasuk pejabat pimpinan tinggi pratama yang sebelumnya terjadi kekosongan.

Dia menjelaskan tahapan pengisian melalui seleksi terbuka dan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Agus juga menjelaskan pelantikan itu sekaligus sebagai pengukuhan kembali lantaran ada perubahan susunan organisasi tata kerja dan nomenklatur pada sejumlah OPD.

“Terdapat perubahan SOTK dan nomenklatur pada Bappeda Litbang menjadi Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah yakni sebanyak sembilan pejabat. Selain itu ada perubahan SOTK pada UPT di bawah DKPP [Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian] sebanyak 7 pejabat,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya