SOLOPOS.COM - Rumah warga di wilayah Desa Musuk, Kecamatan Sambirejo, Sragen, jebol terkena longsoran tanah, Jumat (1/3/2024). (Istimewa/BPBD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Dua rumah di Desa Musuk, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, rusak diterjang longsor pada Kamis (29/2/2024) malam. Untungnya, tak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen melakukan pembersihan lokasi dari material longsoran tebing setinggi 8-10 meter.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kepala Desa Musuk, Suharno, mengatakan longsor itu tepatnya terjadi di Dukuh Pondokrejo dan Dukuh Jatigowok. Material longsor sempat menutup jalan. Selain itu, material longsor menghantam tembok rumah warga hingga jebol. “Kerugian diperkirakan mencapai Rp10 juta-Rp20 juta,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat siang.

Tembok rumah yang jebol itu milik Joko Paimin, 45, warga Dukuh Pondokrejo. Ada satu rumah lain di Dukuh Jatigowok yang juga terkena longsor. “Ini BPBD, Babinsa, dan Bhabinkamtibas ikut pembersihan puing-puing longsor. Longsor itu disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak Kamis malam,” kata Suharno.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kebetulan saat terjadi longsor penghuni rumah sedang ikut pengajian.

Suharno memaparkan sebelum longsor terjadi, hujan deras lebih dulu mengguyur Desa Musuk pada pukul 17.00 WIB dengan intensitas tinggi. Sekitar pukul 22.00 WIB, Joko Paimin pulang dari pengajian yasinan. Saat itu, rumahnya sudah terkena longsoran tanah tebing samping rumah.

“Longsoran tanah itu mengenai kamar berukuran 2,5 meter x 3 meter. Waktu kejadian kamar tersebut kosong. Pemilik rumah itu masuk keluarga miskin,” ujarnya.

Sementara Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sragen, Giyanto, mengatakan pegawainya masih di lokasi kejadian. Informasi yang ia terima, lokasi terjadinya longsor cukup banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya