SOLOPOS.COM - Sebanyak 20 finalis Duta Wisata Sukowati Sragen berfoto bersama saat berkunjung ke Gunung Kemukus Sumberlawang, Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Disporapar Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Sukowati Sragen bakal dihelat pada Sabtu (7/10/2023)  di GOR Diponegoro Sragen. Sebanyak 68 pendaftar Duta Wisata Sukowati Sragen sudah melewati proses seleksi dan menghasilan 20 orang finalis yang akan menunjukkan bakat dan kemampuan dalam malam penilaian tersebut.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sragen, Joko Hendang Murdono, mengungkapkan 20 finalis itu masuk dalam tahapan 10 besar karena terdiri atas 10 perempuan dan 10 laki-laki. Dari 68 pendaftar, 41 di antaranya adalah perempuan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Dari 68 peserta itu diseleksi dengan menggunakan tes tertulis, wawancara bahasa Inggris dan bahasa Jawa, pengetahuan mereka tentang pariwisata Sragen. Selain itu ada unjuk bakat dan seni, pencak silat atau tari, dan kemampuan public speaking. Total ada enam item yang kami jadikan dasar selesai hingga akhirnya dari 68 orang mengurucut menjadi 20 orang,” jelasnya saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Rabu (4/10/2023).

Joko menyampaikan 20 finalis diberi pembekalan dengan menggandeng pihak professional di bidangnya, seperti perawatan kecantikan, kursus kepribadian, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, tata busana, sampai cara berpakaian dan berperilaku. Mereka juga dilatih menari dan modeling untuk malam grand final besok.

“Mereka juga diminta membuat makalah tentang pengembangan pariwisata di Sragen. Sebelum, mereka kami ajak keliling objek wisata di Sragen, seperti di Gunung Kemukus, Sendang Kun Gerit, Sangiran, hingga sentra batik Masaran. Mereka belajar sejarah batik, praktik membatik, dan belajar marketing batik,” ungkapnya.

Dari kunjungan lapangan itu diharapkan para finalis bisa menghasilkan karya tulis berupa makalah. Ide dan gagasan mereka mengembangkan potensi wisata di Sragen diharapkan bisa tertuang dalam makalah itu dan disampaikan dalam malam grand final.

Dari 10 pasang finalis nanti diambil enam pasang. Keaktifan mereka selama malam Grand Final  menjadi bagian dari penilaian, termasuk empati mereka kepada teman dan seterusnya.

“Kami mengambil juri dari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta, Ketua Dharma Wanita Sragen, dan praktisi kecantikan Sragen. Tim juri itu akan memberi pertanyaan seputar wawasan kebangsaan, antinarkoba, cinta tanah air, dan pemerintahan,” kata Joko.

Malam grand final akan dimulai dari pagi pukul 10.00 WIB. Ada 25 stan ekonomi kreatif  di GOR Diponegoro Sragen yang akan meramaikan. Selain itu ada hiburan yang diisi dari potensi seni di Sragen, seperti tari kreasi modern, band ASN, band PDAM, dan hiburan lainnya. Ada juga band pelajar.

“Para finalis ini kan perwakilan dari SMA/SMK di Sragen. Teman-teman mereka bisa masuk di akun instragram Adwindo atau Asosiasi Duta Wisata Indonesia untuk like dan comment. Nanti yang paling banyak mendapat like akan dinobatkan menjadi juara favorit,” katanya.

Dari 10 finalis itu akan diambil juara I, II, III, Duta Wisata Intelegencia, dan juara favorit. Juara Duta Wisata Sukowati ini akan menjadi band ambassador produk kecantikan Sragen.

Berikut Daftar Nama 10 Besar Pasang Duta Wisata

No Nama Perwakilan
1 Van Wildan Soekoco Kecamatan Karangmalang
2 Rafi Yudhistira Budi Kecamatan Sragen
3 Fahdina Robby Kecamatan Sidoharjo
4 Agung Pamuji Kecamatan Plupuh
5 Andriyanto Wibowo Kecamatan Miri
6 Agiel Prastica Adhi Kecamatan Karangmalang
7 Yusuf Rido Hafidhu SMA N 1 Sragen
8 Eki Suryo Rizki S SMA N 1 Tangen
9 Janu Tri Wibowo SMA N 2 Sragen
10 Ramadhan Rasyid S Kecamatan Sragen
11 Amanda Rizqi N SMK N 1 Sragen
12 Kaniavaru Aghea Santoso SMK N 2 Sragen
13 Evilia Pungki Rahmawati Kecamatan Masaran
14 Neelam Aghnia Ilman Kecamatan Ngrampal
15 Nadira Avril Argista SMA N 1 Sumberlawang
16 Farah Revalina Widiasti SMA N 1 Sragen
17 Sabila Soba Langkir Kecamatan Plupuh
18 Andina Nuary Fitra N SMA N 2 Sragen
19 Zulfa Ainun Azhar Kecamatan Plupuh
20 Alvia Prasasti Timura Kecamatan Masaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya