SOLOPOS.COM - Gedung DPRD Boyolali. (Istimewa/Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 33 kursi dari total 50 kursi DPRD Boyolali periode 2024-2029 diprediksi bakal diisi wajah baru yang belum pernah menjadi anggota DPRD sebelumnya.

Prediksi tersebut berdasarkan penghitungan Solopos.com menggunakan data perolehan suara parpol dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali Nomor 919 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Boyolali yang dikonversi menggunakan metode Sainte Lague.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Meski KPU Boyolali belum secara resmi menetapkan perolehan kursi parpol maupun nama-nama caleg yang lolos ke DPRD Boyolali, metode Sainte Lague memungkinkan untuk mengetahui proyeksi parpol dan caleg yang lolos.

Sebagai informasi, kuota kursi di DPRD Boyolali periode 2024-2029 ada 50 kursi yang terbagi dalam lima daerah pemilihan (dapil). Dapil I dengan kuota 10 kursi, dapil II 9 kursi, dapil III 9 kursi, dapil IV 11 kursi, dan dapil V 11 kursi.

Perolehan kursi menggunakan metode Sainte Lague dihitung dengan mengurutkan perolehan suara sah parpol dalam dapil dari yang paling banyak hingga paling sedikit. Perolehan suara parpol itu kemudian dibagi dengan bilangan pembagi ganjil 1, 3, 5, dan seterusnya untuk setiap kursi yang didapat parpol.

Sedangkan penentuan caleg yang akan menduduki kursi yang diperoleh parpol, umumnya merupakan caleg dengan perolehan suara terbanyak sesuai jumlah kursi yang didapat. Dari pengolahan data tersebut, diketahui dari 50 nama caleg yang diprediksi lolos, ada 33 wajah baru.

Sebanyak 33 caleg wajah baru yang diprediksi lolos itu tersebar di semua dapil dengan jumlah paling banyak dari PDIP. Perinciannya, di Dapil I dengan kuota 10 kursi ada enam wajah baru yang terdiri atas lima orang dari PDIP dan satu orang dari PKS.

Daftar Nama

Kemudian di Dapil II dengan kuota sembilan kursi, ada tujuh wajah baru yang terdiri atas lima orang dari PDIP dan masing-masing satu orang dari Partai Golkar dan Partai Gerindra. Di Dapil III, dengan kuota sembilan kursi ada enam wajah baru.

Mereka terdiri atas lima orang dari PDIP dan satu orang dari PKS. Berikutnya di Dapil IV dengan kuota 11 kursi ada tujuh wajah baru yang terdiri atas empat orang dari PDIP dan masing-masing satu orang dari PKS, PKB, dan Partai Gerindra.

Terakhir di Dapil V, dengan kuota 11 kursi ada tujuh wajah baru yang terdiri atas enam orang dari PDIP dan satu orang dari Partai Gerindra. Berikut nama-nama caleg wajah baru tersebut:

Dapil I

PDIP

  1. Indras Krisparwati
  2. Syahrul Isa Nur Kholis
  3. Nuraziz Putra Aditama
  4. Muhammad Shoma
  5. Maryani

PKS: 1. Nur Arifin

Dapil II

PDIP

  1. Jarwanta
  2. Nanik Haryani
  3. Ida Hermawati
  4. Kakung Yogo
  5. Suparno

Partai Golkar: 1. Wreda Agung Kuncoro

Partai Gerindra: 1. Dimas Bayu Aji

Dapil III (9 kursi)

PDIP

  1. Sugiyanto
  2. Triyono
  3. Bambang Widodo
  4. Budiyono
  5. Teguh Pramuji

PKS: 1. Wahyono

Dapil IV

PDIP

  1. Sri Wahyuni
  2. Artika Widyaningrum
  3. Muhammad Ihsanudin
  4. Eko Budi Ristiyanto

PKS: 1. Atok Suyoto

PKB: 1. Sutarman

Partai Gerindra: 1. Aziz Aminudin

Dapil V (11 kursi)

PDIP

  1. Susi Muryani
  2. Irma Lina Habibah
  3. Wasono Joko Raharjo
  4. Suranto
  5. Nunik Sulastri Rahayu
  6. Bagdiyanto

Partai Gerindra: 1. Danang Tri Sasongko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya