SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi DPRD. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Lima partai politik dan 50 calon anggota legislatif atau caleg diproyeksikan mengisi komposisi kursi DPRD Boyolali sesuai rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali.

Lima parpol itu yakni PDIP yang mendominasi dengan perolehan 36 kursi, PKS empat kursi, PKB tiga kursi, Partai Golkar empat kursi, dan Partai Gerindra tiga kursi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Data perolehan kursi parpol itu diperoleh Solopos.com berdasarkan perolehan suara parpol dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali Nomor 919 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Boyolali yang dikonversi menggunakan metode Sainte Lague.

Meski KPU Boyolali belum secara resmi menetapkan perolehan kursi parpol maupun nama-nama caleg yang lolos ke DPRD Boyolali, metode Sainte Lague memungkinkan untuk mengetahui proyeksi parpol dan caleg yang lolos.

Sebagai informasi, kuota kursi di DPRD Boyolali periode 2024-2029 ada 50 kursi yang terbagi dalam lima daerah pemilihan (dapil). Dapil I dengan kuota 10 kursi, dapil II 9 kursi, dapil III 9 kursi, dapil IV 11 kursi, dan dapil V 11 kursi.

Perolehan kursi menggunakan metode Sainte Lague dihitung dengan mengurutkan perolehan suara sah parpol dalam dapil dari yang paling banyak hingga paling sedikit. Perolehan suara parpol itu kemudian dibagi dengan bilangan pembagi ganjil 1, 3, 5, dan seterusnya untuk setiap kursi yang didapat parpol.

Sedangkan penentuan caleg yang akan menduduki kursi yang diperoleh parpol, umumnya merupakan caleg dengan perolehan suara terbanyak sesuai jumlah kursi yang didapat. Dengan penghitungan tersebut, berikut daftar 50 nama caleg yang dipreksi lolos ke DPRD Boyolali pada Pemilu 2024:

Dapil I (10 kursi)

PDIP

  1. Susetya Kusuma DH
  2. Marsono
  3. Indras Krisparwati
  4. Syahrul Isa Nur Kholis
  5. Nuraziz Putra Aditama
  6. Muhammad Shoma
  7. Maryani
  8. Subagyo

Partai Golkar: 1. Fuadi
PKS: 1. Nur Arifin

Dapil II (9 kursi)

PDIP:

  1. Bowo Hartono
  2. Ani Hartanti
  3. Jarwanta
  4. Nanik Haryani
  5. Ida Hermawati
  6. Kakung Yogo
  7. Suparno

Partai Golkar: 1. Wreda Agung Kuncoro
Partai Gerindra: 1. Dimas Bayu Aji

Dapil III (9 kursi)

PDIP:

  1. Dwi Fajar Nirwana
  2. Sugiyanto
  3. Triyono
  4. Bambang Widodo
  5. Budiyono
  6. Teguh Pramuji
  7. Watiah

PKB: 1. Jasri
PKS: 1. Wahyono

Dapil IV (11 kursi)

PDIP

  1. Gamma Wijaya
  2. Sri Wahyuni
  3. Tiyono
  4. Eni Susilowati
  5. Artika Widyaningrum
  6. Muhammad Ihsanudin
  7. Eko Budi Ristiyanto

PKS: 1. Atok Suyoto
Partai Golkar: 1. Agus Ali Rosidi
PKB: 1. Sutarman
Partai Gerindra: 1. Aziz Aminudin

Dapil V (11 kursi)

PDIP

  1. Susi Muryani
  2. Irma Lina Habibah
  3. Suyadi
  4. Wasono Joko Raharjo
  5. Suranto
  6. Nunik Sulastri Rahayu
  7. Bagdiyanto

PKS: 1. Ali Hufroni
Partai Gerindra: 1. Danang Tri Sasongko
Partai Golkar: 1. Hanung Kusuma Prabowo
PKB: 1. Eko Mujiono

Dengan penambahan lima kursi dari 45 kursi pada Pemilu 2019 menjadi 50 kursi pada Pemilu 2024, ada banyak wajah baru yang akan mengisi kursi DPRD Boyolali periode 2024-2029. Dari PDIP misalnya, berdasarkan catatan Solopos.com, dari 35 anggota DPRD periode sebelumnya, hanya 11 orang yang maju kembali menjadi caleg pada Pemilu tahun ini.

Dengan asumsi mereka semua terpilih kembali, artinya ada 25 wajah baru yang lolos ke DPRD Boyolali lewat parpol tersebut. Dari pantauan Solopos.com, beberapa nama baru dan masih usia muda yakni Muhammad Shoma dan Nuraziz Putra Aditama.

Selain itu ada beberapa mantan kepala desa yang diprediksi mengisi kursi PDIP di DPRD Boyolali. Mereka di antaranya Bambang Widodo (eks Kades Bantengan, Karanggede), Budiyono (eks Kades Bengle, Wonosamodro).

Kemudian Jarwanta (eks Kades Ngargoloko), Nanik Haryani (eks Kades Ringinlarik), dan Suparno (eks Kades Jelok), Suranto (eks Kades Cermo, Sambi), dan Nunik Sulastri Rahayu (eks Kades Catur, Sambi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya