SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto secara simbolis menyerahkan dana bantuan DAK fisik pertanian Karanganyar 2023 di Ruang Podang Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Selasa (17/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 36 kelompok tani di Karanganyar menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dana tersebut untuk pembangunan jalan usaha tani dan pembangunan sumur dalam. Pembangunan itu dilakukan secara swakelola.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar, Siti Maesyaroch, mewanti-wanti kelompok tani agar berhati-hati menggunakan dana bantuan pertanian. Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Pembinaan dan Penyerahan Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Pertanian Karanganyar 2023 di Ruang Podang Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Selasa (17/10/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Jadi hari ini kami melakukan pembinaan kepada kelompok tani sekaligus penyerahan bantuan DAK fisik pertanian. Kami juga sampaikan kepada kelompok tani agar benar-benar menggunakan bantuan ini semestinya,” ujarnya di sela-sela acara.

Ia juga mewanti-wanti agar kelompok tani berhati-hati dalam mengelola dana bantuan tersebut. Dan untuk lebih menekankan tentang kehati-hatian tersebut, pembinaan menghadirkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Inspektorat Karanganyar.

“Pak Rober [Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto], pihak Kejari, dan Inspektorat juga hadir tadi. Kejari juga memberikan pembinaan supaya kelompok tani benar-benar berhati-hati,” imbuhnya.

Siti menjelaskan bahwa bantuan DAK tersebut merupakan dana aspirasi anggota DPR. Siti tidak menjelaskan lebih lanjut tentang nilai dana bantuan tersebut. Siti hanya menjelaskan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada 35 kelompok tani.

Sebanyak 34 kelompok tani menerima bantuan pembangunan jalan usaha tani dan 2 kelompok lainnya untuk pembangunan sumur dalam. Semuanya swakelola.

Bantuan kepada masing-masing penerima diberikan dalam 3 tahap. “Bantuannya diberikan 3 tahap, sekarang ini bantuan tahap kedua. Persentasenya tahap I 25%, tahap II 45% dan tahap III 30%,” kata Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya