SOLOPOS.COM - Sejumlah pedagang berjualan di citywalk, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Minggu (7/1/2024). Pemkot Solo mengizinkan pedagang kaki lima berjualan di zona 1 sampai 4. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Sekitar 400 pedagang kaki lima (PKL) telah menempati city walk zona 1 sampai zona 4, tepatnya kawasan Gladak sampai simpang Ngapeman, pada jalur Solo Car Free Day (CFD), Minggu (7/1/2024). Ruang untuk PKL masih menyisakan untuk 100 pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi menjelaskan kapasitas zona 1 sampai 4 untuk pedagang sekitar 500-an pedagang. Pemkot Solo menyediakan ruang yang tersisa bagi pedagang lama yang belum aktif berjualan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami evaluasi sampai pekan depan, pedagang yang lama yang belum aktif kami tarik. Apabila masih tersedia baru kami membuka pendaftaran bagi pedagang baru,” kata Heru ditemui Solopos.com di Gladak, Solo.

Menurut Heru, kondisi keramaian belum banyak berubah setelah area steril PKL atau zona 1 sampai 4 dibuka untuk berjualan. Sejumlah event Solo CFD masih berpusat di jalur simpang empat Ngapeman sampai simpang Purwosari.

“Dishub Solo merencanakan yang ada di sana mau digeser ke sini [zona 1 sampai 4]. Kami usul kalau gak mau digeser gak dikasih izin. Kalau zona 1 sampai 4 ramai, PKL akan bergeliat,” papar dia.

Selain memindahkan lokasi event, kata Heru, Pemkot Solo akan menempatkan satu petugas linmas di setiap radius 75 meter atau 100 meter untuk mengimbau warga yang melanggar aturan. Linmas akan bekerja sama dengan Satpol PP Kota Solo.

Koordinator UMKM Warga Kauman Zona 2, Burhan Hilal, menyambut gembira zona 1 sampai 4 yang sebelumnya steril PKL menjadi lokasi berjualan. Kelurahan Kauman memiliki potensi berupa sentra UMKM, antara lain kuliner halal Kauman, Pasar Keleman, hingga kelompok usaha bersama Kauman.

“Sebanyak 150 warga ikut serta pada Solo CFD. Dulu warga berjualan di zona yang diizinkan dan beberapa berjualan di dalam gang, pintu masuk Kauman,” ungkapnya.

Dia berharap Pemkot Solo melakukan sosialisasi lagi supaya warga Solo maupun sekitarnya memahami zona 1 sampai 4 digunakan untuk PKL. Event bisa digelar di jalur CFD khususnya kawasan Gladak sampai Ngapeman.

Pantauan Solopos.com, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meninjau jalur Solo CFD dan memberikan arahan kepada paguyuban pedagang. Jl Jenderal  Sudirman sisi timur yang dulu digunakan jalur CFD, kini dibuka. Total pedagang yang beraktivitas di Solo CFD sekitar 1.600 pelaku usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya