SOLOPOS.COM - Para pencari kerja mengerumuni stan perusahaan yang membuka lowongan kerja di Klaten 4.0 Industry and Career Expo, Grha Bung Karno Klaten, Kamis (19/10/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 50 perusahaan membuka lowongan kerja dalam bursa kerja atau Job Fair yang berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (19-20/10/2023), di Grha Bung Karno Klaten, Kelurahan Buntalan, Klaten Tengah, Klaten.

Dari 50 perusahaan tersebut, total ada 6.563 lowongan kerja dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten menargetkan minimal ada 320 orang pencari kerja terserap di perusahaan-perusahaan itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Disperinaker Klaten, Luciana Rina Damayanti, mengatakan ribuan lowongan kerja itu terdiri dari beragam posisi jabatan mulai dari tenaga produksi, usaha jasa penjualan, tata usaha, kepemimpinan, tata laksana, dan teknisi.

“Dari 6.563 lowongan pekerjaan dengan posisi jabatan bervariasi itu, target penempatan tenaga kerja minimal 320 orang,” kata Rina saat pembukaan bursa kerja tersebut, Kamis (19/10/2023).

Rangkaian kegiatan itu bertajuk Klaten 4.0 Industry and Career Expo. Di bursa kerja itu ada sekitar 50 stan perusahaan yang berasal dari berbagai daerah.

Ada 31 perusahaan asal Klaten, tiga perusahaan dari Boyolali, satu perusahaan dari Wonogiri, lima perusahaan dari Sukoharjo, satu perusahaan dari Demak. Kemudian satu perusahaan Bantul, tiga perusahaan dari Sleman.

Ada juga dua perusahaan dari Jogja, dua perusahaan dari Semarang, dan satu perusahaan dari Jakarta yang membuka lowongan kerja di Job Fair Klaten. Selain stan perusahaan, ada juga 80 stan industri kecil menengah (IKM) yang berasal dari delapan klaster IKM di Klaten.

Rangkaian kegiatan itu diisi dengan praktik produksi sejumlah IKM. Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, berharap kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin para pencari kerja di Kabupaten Bersinar.

Rangkaian kegiatan bursa kerja itu menjadi upaya pemerintah untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Bersinar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya