SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Solopos/Dok).

Solopos.com, KLATEN — Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten bakal menggelar job fair dengan ribuan lowongan pekerjaan di Grha Bung Karno Klaten, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kamis-Jumat (19-20/10/2023).

Ada lebih dari 6.000 lowongan pekerjaan yang dibuka selama bursa kerja digelar. Kepala Disperinaker Klaten, Luciana Rina Damayanti, mengatakan ada 50 stan perusahaan dalam job fair tersebut. Sementara lowongan pekerjaan yang dibuka sebanyak 6.563 lowongan untuk 165 bidang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Perusahaannya dari berbagai daerah seperti Jakarta, Semarang, dan lain-lain. Jenjang pendidikannya dari SMA/SMK sederajat hingga perguruan tinggi,” kata Rina saat ditemui Solopos.com di Disperinaker Klaten, Senin (16/10/2023) sore.

Rina mengatakan papan informasi serta denah perusahaan yang mengikuti job fair bakal ditampilkan di depan pintu masuk Grha Bung Karno Klaten untuk memudahkan para pencari lowongan kerja. Di lokasi tersebut juga disediakan ruang khusus untuk perusahaan mewawancarai langsung para pencari kerja.

Soal berkas lamaran yang dipersiapkan, Rina menyarankan para pencari kerja menyiapkan seluruh berkas persyaratan dalam bentuk soft file. “Syarat-syaratnya bisa menggunakan soft file karena memang kami minta untuk paperless [mengurangi penggunaan kertas],” jelas dia.

Selain job fair, rangkaian kegiatan bertajuk Klaten 4.0 Industry & Career Expo itu akan dimeriahkan dengan 80 stan industri kecil menengah (IKM). IKM yang akan ditampilkan selama dua hari berasal dari delapan klaster IKM di Klaten.

Delapan klaster itu meliputi batik, lurik, konfeksi, handy craft, gerabah, logam, mebel, serta makanan olahan. Di tempat itu juga bakal diisi edukasi praktik produksi dari beberapa IKM.

Pada malam harinya, ada panggung hiburan dengan menghadirkan bintang tamu Ngatmombilung dan Jogja Hip Hop Foundation. Rangkaian kegiatan yang digelar gratis selama dua hari itu buka pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.

“Sesuai arahan Bu Bupati untuk mewujudkan Klaten yang Maju Mandiri dan Sejahtera, tugas kami di Disperinaker mengurangi angka pengangguran. Oleh karena itu diadakan rangkaian kegiatan ini. Selain itu, kegiatan dimaksudkan untuk menunjukkan potensi Klaten seperti apa, apalagi dengan adanya potensi jalan tol Solo-Jogja,” kata Rina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya