SOLOPOS.COM - Alun-Alun Klaten di Jl Pemuda, Klaten, yang baru selesai penataan. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Sedikitnya 61 kegiatan digeber guna memperingati Hari Jadi ke-219 Klaten dan peringatan HUT RI ke-78 Republik Indonesia selama Juli hingga Agustus 2023. Selain kegiatan di tingkat kabupaten, ada rangkaian kegiatan yang digelar di tingkat eks kawedanan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan mengatakan puncak peringatan Hari Jadi digelar pada Jumat (28/7/2023) dengan upacara di Alun-alun Klaten. Sehari sebelumnya atau Kamis (27/7/2023), ada ziarah ke makam Kiai Melati.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain itu juga ke makam Bupati Klaten ketiga, makam Bupati Klaten pertama, serta makam Sunan Pandanaran. “Pada Rabu [26/7/2023], ada anjangsana ke bupati-bupati sepuh [mantan Bupati Klaten], yang masih sugeng,” kata Jajang saat ditemui wartawan di Pemkab Klaten, Senin (17/7/2023).

Selain itu, ada serangkaian kegiatan seni dan budaya yang memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-219 Klaten. Seperti pada Sabtu (29/7/2023) ada pentas wayang kulit di Alun-alun Klaten. Kemudian pada Sabtu (12/8/2023), ada kegiatan konser musik.

Selain itu ada kegiatan Klaten Lurik Carnival (KLC) yang rencananya digelar di sepanjang Jl Pemuda pada Minggu (30/7/2023). “Total untuk di tingkat kabupaten ada 61 kegiatan. Kemudian di masing-masing eks kawedanan juga ada kegiatan,” jelas Jajang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Jaka Purwanto, mengatakan ada lebih dari 100 kegiatan yang digelar di tingkat kabupaten maupun eks kawedanan untuk memeriahkan rangkaian Hari Jadi dan HUT Kemerdekaan RI. Selain kegiatan seni dan budaya, ada kegiatan selawatan pada rangkaian kegiatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya