SOLOPOS.COM - Ribuan siswa membanjiri Gebyar Inovasi Pendidikan yang digelar di halaman Kantor Disdik Klaten, Selasa (21/5/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ribuan pelajar membanjiri kegiatan Gebyar Inovasi Pendidikan di halaman Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Selasa (21/5/2024). Kegiatan yang digelar sehari itu menampilkan berbagai potensi sekolah hingga prestasi siswa.

Kegiatan itu bertajuk Kemilau Hardiknas dan ditujukan sebagai puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional. Ada 60 stan berisi berbagai potensi yang dimiliki masing-masing terutama dalam bidang pendidikan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Stan diikuti dari sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK. Kegiatan berlangsung selama sehari pada Selasa sejak pagi hingga pukul 21.00 WIB. Selain stan, para siswa yang memiliki prestasi dari tingkat provinsi, nasional, hingga internasional unjuk kebolehan di kegiatan itu seperti penampilan tari, drumben, mendongeng, hingga pentas musik.

Tak hanya itu, pada kegiatan tersebut ada peluncuran buku karya guru penggerak Klaten. Kepala Disdik Klaten, Titin Windiyarsih, menjelaskan Gebyar Inovasi Pendidikan itu rutin digelar terutama saban Mei. Acara itu sekaligus menampilkan berbagai inovasi yang sudah dilakukan sebagai implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

“Banyak yang sudah dilakukan. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Klaten hampir 100 persen. Ruh dari Merdeka Belajar yakni anak-anak menguasai numerasi, literasi, dan berkarakter profil pelajar Pancasila,” kata Titin saat ditemui wartawan di sela kegiatan.

Dia berharap kegiatan itu semakin meningkatkan kekompakan sekolah di lintas jenjang. Selain itu, kegiatan itu menjadi ajang saling mendukung pengembangan dunia pendidikan di Kabupaten Bersinar.

“Dari kegiatan ini bisa saling bertukar ide dan gagasan. Mungkin yang juara bisa menularkan ke yang lainnya sehingga dari kegiatan ini bisa saling amati, tiru, dan modifikasi,” ungkap Titin.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan kegiatan itu bisa menjadi ruang bagi para pelajar untuk menampilkan ekspresi dan prestasi mereka. “Anak-anak yang berprestasi bisa ditampilkan di sini. Dari kegiatan ini bisa menambah semangat anak lainnya agar mereka lebih percaya diri. Tentu saja saya harapkan ke depan kegiatan ini bisa semakin ditingkatkan, dimeriahkan,” jelas Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya