SOLOPOS.COM - Pejabat Humas Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali, Gentur Rachma Indriadi, di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jumat (10/5/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Para calon haji atau calhaj dari Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali tidak perlu lagi pusing dan ribet urusan imigrasi saat tiba di Arab Saudi. Hal itu menyusul adanya layanan fast track Mekkah Route yang baru diterapkan pada musim haji 2024 ini.

Pejabat Humas Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan pelaksanaan haji pada 2024 memiliki tagline “Ramah Lansia dan Haji Riang Gembira”.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Kuota calhaj lansia ada 30% di Embarkasi Solo ini, ada sekitar 11.000 calhaj lansia usia di atas 65 tahun,” kata dia ketika ditemui wartawan di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jumat (10/5/2024).

Berkaca pada penyelenggaraan haji pada 2023 di mana jemaah haji yang meninggal adalah mereka yang sudah lansia, Gentur mengatakan mitigasi telah dilaksanakan dan dievaluasi pada tahun yang sama. Beberapa Standard Operating Procedure (SOP) yang menjadi catatan penting pada 2023 bakal diterapkan dan diperbaiki pada 2024.

“Tahun ini kami ada layanan fast track. Ini akan memangkas waktu jemaah haji saat di Arab Saudi. Seluruh dokumen imigrasi selesai di Bandara Adi Soemarmo Solo. Begitu jemaah sampai di Arab Saudi, turun dari pesawat langsung diarahkan naik bus menuju hotel. Sudah tidak ada cek imigrasi lagi,” terangnya.

Selain itu, Embarkasi Solo AHD Boyolali bakal membuka one stop service pada 2024, di mana ketika jemaah calon haji datang dan diterima, mereka akan dicek kesehatannya. Kemudian, semua dokumen penerbangan telah disiapkan sampai dengan living cost dan gelang.

Selanjutnya, jemaah calon haji diarahkan ke kamar masing-masing untuk istirahat sebelum proses pemberangkatan. Ia mengatakan layanan one stop service bakal mendahulukan jemaah calon haji lansia dan pengguna kursi roda.

“Sekarang sudah tidak ada lagi jemaah dikumpulkan. Jadi bisa istirahat lebih lama, nyaman, sehingga energinya bisa lebih kuat dan siap untuk berangkat,” kata dia.

Sebagai informasi, Embarkasi Solo pada musim haji 2024 ini akan memberangkatkan total 35.977 calon haji yang berasal dari dua provinsi yakni Jawa Tengah dan DIY. Mereka bakal terbang dalam 100 kloter. Para calon haji akan diberangkatkan pada 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, menyampaikan mulai 2024 pelayanan jemaah haji di Bandara Adi Soemarmo dilengkapi dengan fasilitas fast track Mekkah Route.

“Fasilitas fast track disiapkan melalui kerja sama Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi untuk memperluas layanan Mekkah Route di Indonesia,” ujarnya dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (8/5/2024).

Melalui fasilitas fast track Mekkah Route ini, jemaah haji Indonesia akan mendapatkan layanan Keimigrasian Saudi Arabia di Tanah Air. Dengan begitu pada saat tiba di Arab Saudi para jemaah tidak memerlukan pemeriksaan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya