SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tanpa Bayangan (Antara)

Solopos.com, SRAGEN — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan akan terjadi fenomena kulminasi utama di Sragen pada Kamis (12/10/2023) besok.

Fenomena tersebut menyebabkan bayangan benda tegak termasuk manusia akan “menghilang” karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Fenomena itu diperkirakan hanya berjalan selama kurang dari 10 menit yakni sekitar pukul 11.22 WIB lebih 33 detik.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kulminasi merupakan fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat. Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat “menghilang” karena bertumpuk dengan benda itu sendiri dan disebut sebagai kulminasi utama atau hari tanpa banyangan.

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Giyarto, kepada wartawan, Selasa (10/10/2023), mengungkapkan posisi lintang di Sragen  di atas Solo atau sebelah utaranya Solo. Fenomena kulminasi utama itu terjadi di sejumlah daerah dengan urutan pertama di Kudus, Rembang, dan Jepara.

Dia melanjutkan, urutan selanjutan  Pati, Grobogan, Blora, dan seterusnya lalu turun ke Sragen, Salatiga, Ungaran, dan seterusnya.

“Jadi ini bisa saja ada lintang Emposs atau intinya daerah sebelah utara lebih duluan terjadi. Untuk durasinya saat titik kulminasi dipengaruhi oleh rotasi dan revolusi bumi. Revolusi itu pula yang menyebabkan siang dan malam karena posisi bumi terhadap matahari,” ujarnya.

Titik kulminasi itu berlangsung tidak sampai 10 menit. Di wilayah Solo, titik kuliminasi terjadi pada pukul 11.00 WIB lebih sedikit. Fenomena itu tidak berdampak apa-apa, hanya bayangan yang seperti menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya